Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Pemerintah Anggarkan Rp 5 Triliun untuk Beasiswa

Ahad 18 March 2018 13:41 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pencarian beasiswa dan belajar TOEFL (ilustrasi).

Pencarian beasiswa dan belajar TOEFL (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
90 ribu mahasiswa berkesempatan mendapatkan beasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Mohamad Nasir mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran hampir Rp 5 triliun untuk beasiswa bagi 90 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia. Dia berharap alokasi beasiswa yang besar ini juga dimanfaatkan oleh para santri.

"Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia," kata Nasir di depan santri Kelas XII di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Ahad (18/3).

Ia mengatakan, bila ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur, Nasir menyebut di Surabaya ada Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan politeknik.

Begitu juga di Malang ada Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Sedangkan di Madiun dan Jember ada politeknik negeri dan Universitas Negeri Jember.

"Di Jawa Tengah ada Universitas Negeri 11 Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto. Banyak perguruan tinggi negeri," tuturnya.

Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berjumlah 122 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Harapan saya, santri bisa masuk perguruan tinggi negeru dengan baik. Syaratnya, harus belajar yang rajin dan jaga kesehatan," katanya.

Nasir menyosialisasikan Beasiswa Bidikmisi di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Nasir juga memberikan tiga laptop kepada santri berprestasi dan berasal keluarga tidak mampu.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES