Sabtu 10 Mar 2018 08:35 WIB

UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Pameran Beasiswa

Hanya 34 persen siswa SMA yang mampu lanjutkan kuliah

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani
UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Pameran Beasiswa
Foto: Istimewa
UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Pameran Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID,  BANTUL -- Perhimpunan Pelajar se-Indonesia berkolaborasi dengan Indonesia Global Education Network (IGEN), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Indonesia Internasional Education Fair (IIEF). Acara tersebut bertajuk Mendayagunakan Kapasitas Sumber Daya Insani, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sebagai Akselarasi Pembangunan Menuju Indonesia Emas Tahun 2045 pada Jumat (9/3) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Wakil Rektor UMY Bidang Kerjasama dan Internasional, Prof Achmad Nurmandi mengungkapkan banyak sekali yang membutuhkan akses untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. "Saat ini dari banyaknya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang mampu melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri, hanya mencapai angka 34 persen saja," ujarnya.

 

photo
UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Pameran Beasiswa (Istimewa)

Menurut dia, hal yang paling mendasar adalah adanya keinginan yang kuat dan rasa optimisme tinggi untuk memperdalam ilmu sesuai bidang yang ditekuni. Untuk itu dengan adanya pameran beasiswa dan pendidikan ini diharapkan bisa mempengaruhi banyak pengunjung untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal senada disampaikan Riska Putri Rezana Hasan selaku Dewan Presedium Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Ia menyampaikan bahwa setiap generasi berhak mendapatkan kesempatan dan peluang terhadap akses pendidikan sesuai yang diinginkan oleh masing-masing individu.

Ada sekitar 83 ribu Pelajar Indonesia yang tersebar diseluruh penjuru dunia yang menempuh pendidikan tingggi. Mereka tergabung dalam keluaga besar Perhimpunan Pelajar Indonesia yang berkuliah ke luar negeri. "Pengunjung yang hadir pada acara ini mencapai 9.200 ribu visitor yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia," kata Riska.

Pada pameran beasiswa dan pendidikan tersebut dihadiri oleh berbagai lembaga beasiswa dan universitas dari dalam dan luar negeri. seperti Jepang, Hongkong, Thailand, Rusia, Australia, New Zealand, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Perancis, Swedia, Belanda, Jerman, Italia, dan Taiwan. Lembaga beasiswa dan universitas yang hadir seperti LPDP, University Of Manchester, Waseda University, University Of Auckland, Washington University, University Of Poiters dan lain sebagainya.

photo
UMY Kembali Jadi Tuan Rumah Pameran Beasiswa (Istimewa)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement