Jumat 02 Mar 2018 09:25 WIB

IPB Kembali Raih Peringkat TOP 100 Dunia

Posisi IPB satu group dengan Universitas Putra Malaysia dan Hokkaido University.

Kampus IPB
Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tahun ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin menunjukkan prestasinya sebagai jajaran perguruan tinggi bergengsi dunia. Sama dengan tahun 2016 dan 2017, tahun ini IPB menduduki posisi Top 100 Dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject tahun 2018, tepatnya untuk kategori Pertanian dan Kehutanan.

“Posisi IPB satu group (Ranking 51 - 100) dengan Universitas Putra Malaysia (UPM), Hokkaido University, dan beberapa perguruan tinggi ternama lainnya,”

ujar Prof  Anas Miftah Fauzi, yang saat ini menjabat sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana IPB, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (2/3).

Anas menambahkan, “Selamat kepada seluruh sivitas akademika IPB. Semoga penuh keberkahan, dan meningkatkan semangat kita meningkatkan prestasi dan reputasi dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Pengakuan ini melengkapi penghargaan sebagai Peringkat 1 Anugerah Widyapadhi yang diperoleh IPB dalam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2017 yang lalu.”

QS World University Ranking by Subject mengeluarkan daftar kampus terbaik sejagat berdasarkan kategori disiplin ilmu/jurusan. Untuk melakukan perangkingan, lembaga riset pendidikan asal Inggis ini mengevaluasi 4.500 perguruan tinggi di dunia pada 48 bidang keilmuan (www.topuniversities.com).

“Prestasi ini adalah hasil kerja bersama dari seluruh warga IPB. Saya berharap kinerja ini dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi pada  tahun-tahun yang akan datang,” ujar Rektor IPB, Dr Arif Satria.

Arif menambahkan, peringkat ini dapat menjadi panduan dalam menjalin dan memperkuat kerja sama akademis (pendidikan, penelitian,  kerja sama profesional dan hilirisasi inovasi), serta dalam penerimaan mahasiswa baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement