Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Kemenristekdikti Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa

Kamis 22 Februari 2018 22:02 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa di Mataram, NTB, Kamis (22/2).

Suasana sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa di Mataram, NTB, Kamis (22/2).

Foto: Dok Kemenristekdikti
Teknologi 4.0 berbasis digital menuntut mahasiswa berkembang sesuai zamannya.

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat cepat. Penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas harus mengikuti kemajuan iptek.

Terkait hal tersebut, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti  melakukan sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2018 di Universitas Mataram, Kamis (22/2). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Dr Didin Wahidin.

 

“Kebijakan penerapan teknologi 4.0 berbasis digital menuntut mahasiswa untuk berkembang dan berubah sesuai zamannya,” kata Didin Wahidin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (22/2).

 

Ia menjelaskan,  mahasiswa di Indonesia dikembangkan kreativitasnya untuk memberikan solusi untuk bangsa Indonesia. “Secara umum, kegiatan kemahasiswaan meliputi bidang penalaran, kreativitas, minat bakat, kesejahteraan, kewirausahaan, penyelarasan dunia kerja, bela negara, dan internasional,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 mahasiswa dan 10 dosen pembimbing dari Universitas Mataram. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram menjelaskan pentingnya pemanfaatan teknologi digital 4.0 dalam perkembangan kegiatan kemahasiswaan.

 

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas, Kemenristekdikti  Misbah Fikrianto mengemukakan, kemahasiswaan berkembang dan produktif secara merata untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing. “Perlu keahlian profesional dan soft skill yang seimbang sehingga menghasilkan lulusan yang berkiprah secara nasional dan internaaional,” tuturnya.

Nara sumber kegiatan ini yaitu Umar Mansyur, Bandung Ariesanjoyo, dan Wilis. Semua nara sumber menjelaskan tentang Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang, yaitu: Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi, Penelitian, Kewirausahaan, Karsa Cipta, dan PKM-M.

“Kami berharap, program kreativitas mahasiswa dapat meningkat, berkembang, dan memberikan kontribusi untuk masyarakat Indonesia,” ujar Didin Wahidin.

Ia menambahkan, sosialisasi ini juga akan di-upload materi  dan panduannya,  sehingga dapat diakses oleh semua khalayak. “Semoga Program Kreativitas Mahasiswa terus tersosialisasi meluas ke seluruh wilayah Indonesia,  baik kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  di Indonesia,” tutur Didin Wahidin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketika Belgia Benamkan Tunisia

Ahad , 24 Juni 2018, 11:38 WIB