Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Semua Maba STP Bandung Jalani Tes Urine

Jumat 11 Aug 2017 06:17 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara wisudalulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Ilustrasi)

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara wisudalulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Ilustrasi)

Foto: Republika/Arie Lukihardianti

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) sangat tegas pada semua mahasiswanya terkait penggunaan narkoba. Bahkan, menurut Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Surmayadi, sudah lebih dari 10 tahun ini setiap penerimaan mahasiswa baru, STP Bandung selalu mewajibkan semua calon mahasiswanya untuk melakukan tes narkoba

"Kalau ada yang teridentifikasi langsung tak akan kami terima," ujar Surmayadi di sela-sela Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba pada Mahasiswa Baru STP Bandung, kepada wartawan, Kamis (10/8).

Surmayadi mengatakan, tahun ini semua calon mahasiswa yang di tes narkoba hasilnya negatif. Namun, tahun sebelumnya pernah ada satu calon mahasiswa yang hasilnya positif. "Calon mahasiswa yang positif narkoba, langsung akan kami coret tak diterima," katanya.

Tes narkoba pada calon mahasiswa, kata dia, dilakukan bekerja sama dengan rumah sakit dr Salamun. Sebenarnya, tes yang dilakukan bukan hanya untuk mengidentifikasi penggunaan narkobanya saja. Tapi,  ada 5 indikator yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi ada tidaknya calon yang terkena pengaruh langsung narkoba.

"Setelah menjadi mahasiswa pun, kami akan awasi semua mahasiswa agar tak ada yang terjerumus menggunakan narkoba," kata Surmayadi. Pengawasan ini cukup efektif untuk mencegah mahasiswa menggunakan narkoba.

Selain tes urine, menurut Surmayadi, semua mahasiswa baru pun wajib mengikuti penyuluhan tentang narkoba. Penyuluhan narkoba tahun ini? Diikuti oleh 659 siswa. Semua mahasiswa baru, wajib mengikuti penyuluhan, karena akan dibekali pengetahuan tentang narkoba dan dampaknya.

Salah Seorang Mahasiswa Baru STP, Azora Qurratul A, Ia sangat senang mengikuti pelatihan ini. Karena, jadi tahu jenis-jenis narkoba dan dampaknya apa saja. Jadi, jangan sampai terkena narkotika karena bisa merusak masa depan.

"Saya baru tahu, ternyata narkoba bisa melalui suntikan, permen, obat tidur dan lainnya," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Semangat Adul Menuntut Ilmu (2)

Selasa , 13 Nov 2018, 23:56 WIB