Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Mau Kuliah S1 di Perbatasan Turki-Bulgaria? Coba Peluang Ini

Kamis 08 June 2017 14:45 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi kuliah di Turki

Ilustrasi kuliah di Turki

Foto: dok.Yayasan Indonesia Turki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kabar gembira bagi para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Turki. Turki memang sudah mulai menjadi pilihan bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri. Universitas di Turki pun juga membuka peluang bagi pelajar indonesia yang ingin menimba ilmu di kampusnya. Salah satunya adalah Kirklareli University.

Menurut Doddy C Hidayat Putra, Presiden Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki, kuliah di Turki memang mulai diincar oleh pelajar Indonesia.Kirklareli University adalah sebuah Universitas negeri di Turki yang berada di Kota Kirklareli, sekitar 3 jam perjalanan darat dari kota Istanbul. Propinsi Kirklareli berbatasan langsung dengan negara Bulgaria. Kirklareli University didirikan tahun 2007. Sebelumnya merupakan bagian dari Trakya University yang berada di kota Edirne.

Kirklareli University juga merupakan anggota dari Balkan Universities Network yang beranggotakan berbagai universitas dari 13 negara di Eropa. Kirklareli Univ memiliki berbagai jurusan dri fakultas ekonomi, MIPA maupun teknik. Yang juga menarik, biaya kuliah dan biaya hidup juga cukup terjangkau.

Sebagai universitas negeri, Krklareri Univ di subsidi pemerintah Turki Sehingga biaya kuliah di tertinggi  adalah di Fak Teknik, Fak Arsitektur, dan Fak Teknologi yaitu 387 TL atau sekitar Rp 1.431.900 per tahun atau Rp 715.950 per semester. Sedangkan biaya hidup di kota Kirklareli relatif tergantung mahasiswa sekitar Rp 3-5 juta per bulan. Bagi pelajar Indonesia yang tertarik ingin kuliah di kampus ini, pendaftaran telah di buka oleh yayasan pendidikan Indonesia Turki dan akan di tutup pada 17 Juni 2017.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 August 2018, 23:59 WIB