Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Uhamka dan Indonesia Bermutu Gelar Seminar Nasional “Kurikulum Kehidupan”

Sabtu 13 May 2017 08:08 WIB

Red: Irwan Kelana

Bahrul Hayat, Misbah Fikrianto, Burhanuddin Tola dan Zulfikri Anas (dari kiri ke kana) saat mengisi seminar nasional

Bahrul Hayat, Misbah Fikrianto, Burhanuddin Tola dan Zulfikri Anas (dari kiri ke kana) saat mengisi seminar nasional "Kurikulum Pendidikan" di Uhamka Jakarta, Sabtu (13/5).

Foto: Dok IB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Prof  Dr Hamka (Uhamka) dan Indonesia Bermutu (IB) menggelar seminar nasional bertajuk “Kurikulum Kehidupan: Menuju Revolusi Pendidikan”. Seminar tersebut diadakan di Aula KH Ahmad Dahlan Kampus A FKIP Uhamka Jakarta Timur, Sabtu (13/5) pukul 08.00-13.00.

“Seminar tersebut diawali dengan kata sambutan Kepala Puskurbuk  Balitbang Kemendikbud Dr Awaluddin Tjala dan Rektor Uhamka Prof Dr H Suyatno MPd,” kata pengurus IB Afrizal Sinaro kepada Republika.co.id, Sabtu (13/5).

Ia menambahkan,  seminar nasional itu  menampilkan tiga nara sumber.  Mereka adalah Ketua Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) dan mantan Sekjen Depag  Bahrul Hayat PhD, Gurubesar Pascasarjana UNJ Prof Burhanuddin Tola PhD, serta  Tim Pengembang Kurikukulum 2013 dan direktur Institut Indonesia Bermutu (IIB) Zulfikri Anas. Moderator adalah Wakil Direktur Politeknik Media (Polimedia) Dr Misbah Fikrianto.

Bahrul Hayat  mengupas topik  “New Perspektives on Curriculum, Learning and Assesment”. Burhanuddin Tola membahas topik “Penjaminan, Pengendalian, dan Perbaikan Mutu Pendidikan”. Adapun Zulfikri Anas yang juga penulis buku-buku pendidikan menguraikan topic tentang “Pendidikan yang Kaffah dan Rahmatan Lil’alamin”.

”Seminar nasional pendidikan ini  diikuti kepala sekolah, guru dan mahasiswa dari Jadebotabek. Jumlah peserta sekitar  400 orang. Juga hadir Direktur Sekolah Pascasarjana Uhamka Prof Abdul Rahman A Ghani,” tutur Afrizal Sinaro.

Salah satu sekolah yang mengirimkan gurunya untuk mengikuti seminar nasional pendidikan tersebut adalah Yayasan Dinamika Umat yang berlokasi di Telaga Kahuripan, Bogor, Jawa Barat. "Kami mengirimkan enam guru untuk mengikuti seminar nasional pendidikan yang diadakan oleh Uhamka dan IB pagi sampai siang hari ini," ujar Pembina Yayasan Dinamika Umat Dr Hasan Basri Tanjung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA