Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Mau Kuliah Murah tapi tak Murahan di Luar Negeri? Cara Ini Bisa Dicoba

Ahad 23 April 2017 12:43 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kuliah di negara Turki (ilustrasi).

Kuliah di negara Turki (ilustrasi).

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa-masa ini menjadi waktu yang mendebarkan bagi para siswa yang akan lulus SMA atau sederajat. Piihan-pilihan rencana akan melanjutkan studi kemana pasca seragam putih abu tentu menggelayuti pikiran para pelajar. Salah satunya adalah ingin sekali kuliah ke luar negeri.

Banyak ragam pilihan bila ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Berbagai kampus di luar negeri dengan berbagai kualifikasinya menawarkan berbagai harapan dan masa depan. Universitas-universitas di berbagai negara pun sudah menjadi target, termasuk Universitas di Turki.

Presiden Yayasan Turki Indonesia Doddy C Hidayat mengatakan kuliah di Turki sudah mulai menjadi tren bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Negara dua benua Eropa dan Asia ini memang mulai menjadi incaran para pelajar dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Selengkapnya mengenai kuliah di Turki

Selain kualitas universitas yang tinggi, biaya kuliah yang murah, bagi masyarakat Indonesia, Turki juga sangat menarik. Kesamaan agama dan ragam budaya menjadi hal yang terutama. Lantas bagaimana cara kuliah ke Turki ?

Ternyata ada berbagai jalur untuk kuliah ke Turki. Salah satunya adalah melalui jalur mengikuti ujian masuk Universitas universitas yang di selenggarakan di Indonesia. Dengan jalur ini, siswa Indonesia yang ingin kuliah ke Turki tidak perlu mengikuti ujian di Turki, cukup di Indonesia.

Mau Kuliah di Turki? Kampus Ini Buka Pendaftaran Hingga 30 April

Ada sekitar 110 ribu mahasiswa asing yang belajar di Turki. Dia mengatakan selain berkualitas tinggi, ternyata berbagai universitas negeri di Turki menerapkan biaya kuliah yang relatif terjangkau, karena adanya subsidi dari Pemerintah Turki.

"Salah satunya adalah Suleyman Demirel University yang terletak di kota Isparta. Ada 16 Fakultas di universitas ini dengan sekitar 70 ribu mahasiswa belajar dengan biaya kuliah yang beragam," kata dia.

Fakultas Kedokteran menempati biaya kuliah tertinggi yaitu 886,5 Turkish Lira per tahun, Ekonomi 470 TL,Fakultas Pendidikan 426 TL, Fakultas Teknologi 580 TL, Fakultas Pariwisata 285 TL. Bila sekarang 1 Turkish Lira adalah sekitar Rp 3700, maka biaya kuliah di Fakultas Kedokteran adalah sekitar Rp 3 atau 4 jutaan saja per tahun.

"Sedangkan untuk biaya hidup bagi pelajar di kota Isparta Turki adalah sekitar 3-5 jutaan per bulan," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 Agustus 2018, 23:59 WIB