Selasa 07 Feb 2017 15:44 WIB

Dubes Ingin Lebih Banyak Mahasiswa Indonesia Belajar ke AS

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Harvard Medical School.
Foto: hms
Harvard Medical School.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donova Jr menyampaikan keinginannya agar lebih banyak pelajar Indonesia yang belajar di sana. AS ingin ikut menguatkan bidang-bidang yang jadi fokus Pemerintahan Joko Widodo.

Dia mengatakan AS sangat ingin jadi mitra baik Indonesia. AS punya kemitraan strategis yang baik dengan Indonesia dan memperkuat bidang-bidang yang jadi fokus Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

AS juga berniat meningkatkan jumlah pelajar Indonesia ke AS. Pada 2016, jumlah pelajar Indonesia yang belajar di AS meningkat tujuh persen dan jumlahnya terus meningkat.

Kedubes AS di Indonesia juga akan menggelar pameran pendidikan dalam waktu dekat di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Para pelajar bisa tahu universitas mana yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. "Peningkatan pelajar Indonesia ke AS tidak berdasarkan agama tertentu, tapi kesempatan bagi pelajar Muslim juga terbuka tentunya," kata Donova usai bertemu Menteri Agama di Kantor Kementerian Agama, Selasa (7/2).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, dalam bidang pendidikan Kemenag punya program 5.000 doktor dan salah satu negara tujuannya adalah AS. AS punya sejumlah universitas ternama bereputasi tinggi.

Juga kerja sama pertukaran tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bisa saling berbagai pengalaman terkait kehidupan beragama di tengah kemajemukan. Indonesia dengan AS memiliki kesamaan dalam kemajemukan dan bagaimana agama dapat berperan dalam menata kemajemukan itu sehingga menghasilkan hal positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement