Kamis 26 Jan 2017 15:32 WIB

Rektor UII Mengundurkan Diri

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Fernan Rahadi
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc
Foto: Republika/Nico Kurnia Jati
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor UII, Harsoyo, secara resmi menyatakan pengunduran dirinya di Kantor Kopertis V DIY, Kamis (26/1). Menurut dia, pengunduran diri tersebut dilakukan sebagai tanggung jawab moral atas peristiwa duka yang baru saja terjadi di Mapala UII. 

"Saya menyatakan mengundurkan diri, bukan artinya saya mau meninggalkan apa-apa yang mesti diurus sekarang," kata Harsoyo. Ia berjanji akan bertanggung jawab untuk mengawal proses hukum atas kasus meninggalnya anggota Mapala Unisi sampai selesai.

Menurut dia, saat ini UII pun telah berinisiatif untuk mengundang saksi-saksi terkait agar bisa memberikan informasi pada pihak kepolisian. Dalam kesempatan tersebut, Harsoyo juga meminta maaf kepada segenap bangsa karena telah teledor dan membuat dunia pendidikan tercoreng.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Bambang Supriyadi menyampaikan, pengajuan pengunduran diri Harsoyo sudah disampaikan dari sejak beberapa hari lalu. "Saya pikir memang harus demikian. Rektor STIP saja diberhentikan karena satu mahasiswa meninggal. Apa lagi ini ada tiga," ujarnya.

Menteri Riset Teknologi Pendidikan dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengapresiasi pengunduran diri Harsoyo. Hal itu disebabkan, kasus yang terjadi di UII telah mencoreng nama baik dan muruah dunia pendidikan secara keseluruhan.

"Saya apresiasi sikap rektor. Saya harap ke depannya hal serupa tidak lagi terjadi di perguruan tinggi mana pun di Indonesia," kata Nasir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement