Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rektor: Asal Berprestasi, Jangan Risau Soal Biaya Kuliah di ITB

Rabu 07 Sep 2016 20:19 WIB

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Dwi Murdaningsih

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Foto: www.itb.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi mengatakan, ITB menggratiskan pendidikan bagi mahasiswa yang tidak mampu. Ia meminta, siapapun yang ingin masuk ke ITB tak merisaukan terkait biaya kuliah di kampus yang berada di Kota Kembang ini.

“Kita punya kebijakan bahwa biaya pendidikan di ITB gratis untuk yang tidak mampu,” kata dia dalam kunjungannya ke kantor Republika.co.id, Rabu (6/9).

Menurutnya, saat ini tak sedikit mahasiswa ITB berasal dari keluarga kurang mampu. Sebanyak 20 persen dari total seluruh mahasiswa tidak bayar sepeserpun. Mahasiswa ini masuk program bidik misi. Mereka mendapat beasiswa penuh dari pemerintah dan bahkan mendapat uang saku per bulannya sebesar.

Sebesar 50 persen mahasiswa, lanjut Kadarsah, membayar uang kuliah bervariasi. Ada yang bayar hanya 20 persen dari total keseluruhan biaya kuliah, ada yang 40 persen dan seterusnya. Dan yang bayar 100 persen dari biaya kuliah hanya 30 persen mahasiswa.

“Itulah potret situasi perekonomian mahasiswa ITB,” ujar dia.

Kadarsah menegaskan, setiap warga negara Indonesia punya hak dan kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di ITB sepanjang memenuhi syarat yang ditentukan. Dia meminta siapapun yang ingin masuk ITB tak khawatir dengan biaya pendidikan.

“Sepanjang berprestasi, uang jangan dijadikan kendala,” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA