Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

Bahan Kuliah di Universitas Terbuka Bisa Diunduh Via Playstore

Kamis 21 Jul 2016 19:03 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Dwi Murdaningsih

Rektor UT Prof Ir Tian Belawati

Rektor UT Prof Ir Tian Belawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas Terbuka (UT) menargetkan kemudahan akses pembelajaran melalui ponsel pintar. Rektor UT Tian Belawati mengatakan kemudahan ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa muda UT saat mengakses bahan perkuliahan.

Menurut Tian, pembelajaran UT kini semakin mudah dengan adanya aplikasi UT online yang dapat diunduh melalui playstore. Lewat aplikasi ini, mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, perpustakaan digital, memeriksa nilai secara daring, mengenal teman sekelas dan ujian secara daring.

Menurur Tian, komposisi mahasiswa UT saat ini mulai banyak diisi kaum muda. Dari 300 ribu mahasiswa UT, sekitar 40 persennya berusia di bawah 30 tahun. Sementara 25 persen lain berusia di bawah 25 tahun.

"Target jangka menengah kami, para mahasiswa muda di daerah dapat belajar dengan mudah lewat ponsel pintar. Tak perlu yang sangat canggih. Harapan kami, akses materi perkuliahan dapat dijangkau dengan mudah lewat ponsel pintar yang harganya terjangkau oleh masyarakat," ujar Tian kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/7).

Dia melanjutkan, saat ini ada sekitar 160 ribu mata kuliah yang diakses oleh mahasiswa UT setiap tahunnya. Angka ini menunjukkan kemudahan akses perkuliahan UT yang semakin banyak dimanfaatkan para mahasiswa.

"Ke depannya kami terus meningkatkan promosi UT untuk anak muda, baik lewat sosialisasi ke sekolah menengah, lewat berbagai platform media sosial. Nanti akan kita buat pula akun instagram UT," tutur Tian.

Saat ini, lanjut dia, rata-rata baru 30 persen alumni sekolah menengah yang terserap ke perguruan tinggi setiap tahunnya. Berkuliah di UT merupakan alternatif pendidikan bagi anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA