Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tahun Ini, Jabar akan Dirikan Tiga PTN Baru

Selasa 16 Feb 2016 13:25 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar akan mendirikan tiga perguruan tinggi negeri (PTN) baru di 2016 ini. Penambahan PTN ini dilakukan, untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) PTN Jabar yang saat ini angkanya baru sekitar 17 persen.

"Tahun ini akan ada 3 PTN baru, ada ITB Cirebon, ITB Bekasi dan IPB Sukabumi," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat ditemui usai Rapim di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (16/2).

Menurut Heryawan, lahan untuk kampus PTN baru tersebut, saat ini telah disiapkan. Yakni, untuk Cirebon seluas 18 hektare, Bekasi 40 hektare dan Sukabumi 11 hektar. Selain itu, Pemprov Jabar pun mendorong penyelenggaraan pendidikan dengan mengalokasikan anggaran.

"Di luar penyediaan lahan untuk penyelenggaraan pendidikan kami mengalokasikan masing-masing Rp 20 miliar," katanya.

Untuk ITB Cirebon, kata dia, akan dibuka 2 program studi, di Bekasi 3 program studi dan untuk IPB Sukabumi program studinya masih dalam pembicaraan. Namun, program studi yang akan dibuka di setiap kampus tersebut akan sesuai dengan kebutuhan daerah.

"Saya tidak tahu prodinya apa saja, tapi kalau yang IPB masih dalam pembicaraan," katanya.

Heryawan menargetkan,  ketiga PTN tersebut bisa launching pada semester depan. Yakni, sekitar bulan Mei-Juli sudah bisa menerima calon mahasiswa baru. Untuk sementara, PTN tersebut akan menggunakan gedung yang berada di kawasan yang sama.

Bangunan perkuliahan, kata dia, sementara mencari kawasan terdekat atau bisa mencari bangunan sederhana seperti sekolah atau ruang yang tidak terpakai akan dimanfaatkan. "Yang penting gema-nya dulu yang hebat. Ada ITB Cirebon, Bekasi dan IPB Sukabumi dibuka," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA