Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Mobil Balap UNY Naik Group A Kompetisi Internasional

Senin 12 Oct 2015 17:50 WIB

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Racer GURT siap mengikuti kompetisis ISGCC 2015

Racer GURT siap mengikuti kompetisis ISGCC 2015

Foto: UNY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah masuk di group C sebagai pendatang baru di beberapa event kejuaraan internasional di 2015, mobil formula mahasiswa Universittas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diberi nama Garuda-UNY Racing Team ((GURT) akan naik group A dikompetisi internasional pada 2016 mendatang.

"Kita tidak lagi diteempatkan sebagai pendatang baru tetapi dimasukkan group A pada kompetisi tahun depan, " Koordinator GURT, di kampus UNY, Senin (12/10).

Menurutnya, sebagai pendatang baru di ajang Student Formula Japan (SFJ) timnya berhasil menjadi terbaik kedua. GURT mendapatkan peringkat 28  dari 93 tim dan peringkat keempat tim asal luar Jepang dari 11 tim asal sembilan negara.

Diakuinya, peningkatan dari group C ke group A, bukan perkara mudah mengingat tim belum memiliki pengalaman yang cukup tentang medan yang dihadapi saat kompetisi formula. Hanya saja, tim yang berada di grup A berhak mengikuti technical inspection di hari pertama sehingga berkesemopatan besar mengikuti semua race yang ada.

"Artinya, berpeluang besar pula membawa pulang tropi juara," katanya.

Kompetisi pembuatan mobil formula tingkat mahasiswa itu digelar oleh SAE (Society of Automotive Engineer). Terdiri dari berbagai seri yang tersebar di berbagai negara seperti Jerman, Amerika Serikat, Australia, Brazil, Italia, Inggris, Austria, dan Jepang.

Meski belum membawa pulang tropi kemenangan, tapi capaian GURT sudah cukup membanggakan. Selain pencapaian terbaik kedua pendatang baru, peringkat 28 secara keseluruhan, dan urutan ke-4 tim non Jepang, pada static event, GURT mendapatkan posisi 41 pada design event, peringkat 49 pada cost event, serta peringkat 25 pada presentasi bisnis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA