Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Tim Universitas Kanjuruhan Menangi Microsoft CityApp Appathon

Jumat 09 Oct 2015 12:03 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Universitas Kanjuruhan Malang

Universitas Kanjuruhan Malang

Foto: niedhu.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Microsoft hari ini mengumumkan tim Thor dari Universitas Kanjuhuran Malang (UNIKAMA) sebagai pemenang dari Microsoft CityApp Appathon di Sidoarjo. Tim Thor memenangkan kompetisi pembuatan aplikasi yang dilaksanakan selama dua hari ini melalui proyek Road Report (ROAR).

ROAR adalah aplikasi yang membantu warga dengan mudah melapor kondisi jalanan yang buruk kepada pihak otoritas yang berwenang untuk tanggapan cepat.

CityApp Appathon diselenggarakan oleh Microsoft dan CITYNET (Jaringan Regional Otoritas Lokal Pengelolaan Cipta Karya) di Sidoarjo dengan didukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tujuan ajang ini, memanfaatkan imajinasi dan inovasi kaum pemuda dan pelajar di daerah Sidoarjo untuk mengembangkan solusi yang berkesinambungan secara teknis atas tantangan pembangunan urban.

CityApp Appathon di Sidoarjo adalah bagian dari Microsoft CityNext, sebuah inisiatif global yang berusaha untuk mengubah dan melakukan modernisasi terhadap pelaksanaan operasional dan infrastruktur di berbagai kota.

Salah satu pilar utama CityNext yakni mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan, dan pembinaan yang diperlukan, serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung kelancaran inovasi. Appathon membangun momentum dari kompetisi-kompetisi serupa yang dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk Changchun di Cin, Makassar di Indonesia, dan Kathmandu di Nepal.

 “Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan ekonomi mereka, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, serta menciptakan masyarakat yang modern, aman, berpendidikan, dan sehat,” ujar Stefan Sjöström, Vice President Public Sector, Microsoft Asia, dikutip dari keterangan pers diterima Republika.co.id, Jumat (9/10).

“Microsoft CityNext menggunakan pendekatan yang berpusat pada masyarakat untuk membantu kota-kota di Asia dalam mewujudkan visi ini. Kami sangat senang membantu masyarakat muda Sidoarjo untuk bergerak maju dengan proyek kemenangan mereka dan membuatnya menjadi kenyataan.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA