Senin 01 Jun 2015 23:18 WIB

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Lomba Desain Asia Pacific

Institut Teknologi Bandung
Foto: Flickriver.com/Ikhlasul Amal
Institut Teknologi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi wakil Indonesia dalam lomba desain internasional. Ketiganya akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing di tingkat Asia Pasifik dalam ajang "American Standard Design Award Asia Pacific (2015)". 

Kompetisi desain American Standard merupakan kesempatan bagi desainer muda untuk bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan para ahli di industri desain tingkat regional. Sekaligus menjadi ajang bagi desainer muda untuk dikenal secara luas di tingkat regional dimana dapat memperluas kesempatan mereka dalam berkarier. 

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Dewi Kartika, Cyrus Adiel Syailendra dan Nahja Akbar Khalid. 

Dewi Kartika akan mewakili untuk desain kategori I, yakni Desain Kamar Mandi. Sedangkan Cyrus mewakili Indonesia di kategori 2 untuk Desain Konsep Produk-Toilet. Sementara Nahja Akbar mewakili Indonesia di kategori 3 untuk desain Konsep Produk- Faucet. 

"Alhamdulillah dan Saya bersyukur bahwa mahasiswa ITB dapat mewakili Indonesia di tingkat Asia Pasifik untuk semua kategori kompetisi ASDA 2015. Saya berharap kegiatan seperti ini  tetap dapat berlangsung di tahun-tahun mendatang,“ ungkap DR. Ir. M. Prasetiyo Effendi Yasin, M.Arch, MAUD, Kelompok Keahlian Perancangan Arsitektur ITB. 

Ia mengatakan, kompetisi desain ini sangat baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan desain, baik arsitektur, interior maupun desain produk. Bagi mahasiwa wahana ini menjadi ajang kompetisi dan interaksi dalam dunia nyata untuk menyampaikan ide dan gagasan yang dapat diuji oleh publik .

"Ajang kompetisi yang akan berlanjut sampai pada tingkat internasional juga menggairahkan kehidupan akademik kemahasiwaan mengantarkan ke dunia profesional yang makin kompetitif," kata dia. 

Para finalis akan mempresentasikan karyanya di Babak Final pada 19 Juni 2015 di Red Dot Design Museum, Singapura, untuk bersaing dengan finalis dari Singapura, Thailand dan Filipina. Pengumuman pemenang dari ketiga kategori akan diumumkan di hari yang sama.

Setiap pemenang akan membawa pulang total uang tunai sebesar US$ 7.000 (hadiah Babak I US$ 2.000 dan hadiah pemenang US$ 5.000) dan desain pemenang akan dipertimbangkan untuk menjadi salah satu produk American Standard berikutnya. 

Iwan Dwi Irwanto selaku Presiden Direktur American Standard Indonesia mengatakan, ini adalah pertama kali pihaknya mengadakan kompetisi desain untuk mahasiswa secara nasional dan regional Asean. Kegiatan ini mempertegas komitmen American Standard mendukung perkembangan pasar properti di Indonesia melalui pengenalan produk-produk unggulan yang inovatif dan karya desain pemakaian produk-produk tersebut secara nyata. 

"Kami yakin bahwa Indonesia memiliki banyak generasi muda yang berpotensi dan mampu menghasilkan karya - karya desain unggulan yang memberikan kontribusi terhadap pasar dan masyarakat pemakai di Indonesia. Kami juga yakin bahwa karya-karya generasi muda Indonesia tersebut mampu bersaing di tingkat regional,“ ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (2/6). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement