Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Peserta Pimnas, dari Mahasiswa yang Dibiayai Dikti Hingga Mandiri

Selasa 19 Aug 2014 18:28 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 yang ke-25.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dirjen Dikti Agus Subekti mengatakan, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) memiliki kedudukan yang penting bagi peningkatan kreativitas dan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran.

Peserta Pimnas terdiri dari mahasiswa maupun kelompok mahasiswa yang telah diseleksi untuk didanai oleh Dikti maupun yang menggunakan dana mandiri dari kampusnya.

Pimnas ini, kata Agus, merupakan forum untuk menilai tingkat kompetensi dan kemampuan kompetisi di antara kelompok mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi nasional.

Pimnas ini melombakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) antara lain PKM Penelitian, PKM Karsa Cipta, PKM Penerapan Teknologi, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada saat penutupan Pimnas, ujar Agus, akan diumumkan nanti siapa saja yang akan menjadi pemenang Pimnas. Tahun lalu pemenang Pimnasnya adalah Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

"Saya yakin semua peserta pasti mendambakan universitasnya bisa mendapatkan trofi pemenang Pimnas," ujarnya.

Dikti sendiri, kata Agus, sudah membukukan karya-karya luar biasa mahasiswa pada Pimnas 2013 lalu.  "Karya-karya mereka perlu mendapatkan apresiasi," katanya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA