Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

ITS Juarai Kontes Robot Indonesia 2014

Sabtu 28 Jun 2014 22:15 WIB

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kontes robot tingkat regional

Kontes robot tingkat regional

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara dalam gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 yang digelar mulai Kamis (26/7) di Universitas Negeri Yogjakarta (UNY).

Pembimbing robot RINE, Rudy Dikairono mengatakan, robot RINE yang berlaga di kategori paling bergengsi yakni KRAI berhasil menjadi juara. Kemenangan ini seolah mengulang kejayaan Ri-Nho sebagai robot ABU pada tahun 2012 lalu.

“Tahun ini, KRAI (Kontes Robot ABU Indonesia) mengusung tema Taman Bermain Anak Indonesia. Ini mengacu pada tema dari ABU Robocon 2014, kontes robot tingkat Asia Pasifik yakni A Salute to Parenthood,” ujarnya, Sabtu (28/6).

Robot RINE ITS, kata dia, terbagi menjadi dua robot yaitu robot ayah dan robot anak. Keduanya berjuang melintasi empat zona yang ditentukan. Mulai dari jungkat-jungkit, mengayun jungkat-jungkit, lompat tiang dan ayunan, serta jungle gym, yaitu naik ke atas tangga.

Robot yang berhasil menaiki tangga dan mencapai puncak akan secara otomatis menang atau biasa disebut Shabaash. Dalam pertandingan grandfinal tersebut, RINE sukses mencetak shabaash dalam waktu satu menit dan 12 detik.

Hasil ini membuat RINE unggul atas atas robot El-Tron dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Catatan waktu tersebut yang jauh lebih unggul dari pertandingan di babak sebelumnya.

“Dari hasil ini RINE akan mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat Asia Pasifik, ABU Robocon 2014 di Pune, India,

Agustus mendatang,” ujarnya.

Rudy menambahkan, kemenangan ini merupakan buah dari kegigihan, sinergi dan kerja keras tim. Padahal, lima orang yang menjadi angota RINE berasal dari jurusan yang berbeda. ‘’Justru dengan perbedaan itu membawa berkah bagi kami. Seiring bertambahnya waktu, kami bisa bersinergi dan menjadi lebih baik,’’ katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB