Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

UI Gelar Malam Anugrah Mahasiswa Berprestasi 2014

Sabtu 10 May 2014 14:40 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Muhammad Hafil

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia (Mapres UI) kembali digelar dalam acara Malam anugrah Mahasiswa Berprestasi UI. acara yangdigelar di Balairung UI kampus Depok, Jumat (9/5) tersebut menghantarkan Andhika Putra Sudarman sebagai mahasiswa berprestasi 2014.

Mahasiswa Fakultas Hukum itu terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia 2014. Berikutnya, pemenang kedua dan ketiga diraih Widya Aulia Ramadhani (mahasiswi Fakultas Teknik) dan Rama Dwiyana Putera (mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer).

Mapres Utama UI akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional. Ia akan bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada bulan Juni 2014 mendatang.

Para finalis merupakan tigabelas mahasiswa berprestasi Program Sarjana (S1) dari seluruh Fakultas di lingkungan UI. Sebelumnya, mereka telah lolos seleksi di tingkat Fakultas. Ketigabelas finalis Mapres UI 2014 adalah Muhamad Hanifi (FK), Afida Luthfi Yuvana (FKG), Nisa Vidya  Yuniarti  (FMIPA), Widya Aulia Ramadhani (FT), Andhika Putra Sudarman (FH), Mardhatilla Amalia (FE), Tegar Ahmad Ramadan (FIB), Silvia Ranny Wafiroh (F.Psi), Sartika (FISIP), Ida Fauziah (FKM), Rama Dwiyana Putera (Fasilkom), Hilda Meriyandah (FIK) dan Natasya Linsie Corona D (F.Farmasi). 

Kepala Kantor Komunikasi UI, Dra Farida Haryoko M Psi mengatakan, ketigabelas finalis tersebut akan diprioritaskan sebagai delegasi UI di tingkat nasional maupun internasional. Pemenang Mapres Utama UI mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp 12juta, pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp 10juta, dan pemenang ketiga memperoleh Rp 8juta.

Menurut Farida, sistem penilaian Mapres Tingkat Utama UI 2014 berdasarkan penilaian CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes, kemampuan bahasa inggris dan kepribadian. "Pada tahun ini, para mapres juga diwajibkan melakukan penelitian sesuai bidang keilmuannya masing-masing dengan topik yang relevan akan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini," terang Farida dalam pesan elektroniknya kepada Republika, Sabtu (10/5).

Beberapa judul karya ilmiah diantaranya “HI GIRLS! (Health Information For Girls) sebagai Gerakan Promosi  Kesehatan Personal Hiegiene Organ Genital Untuk Remaja Putri” oleh Ida Fauzia dari FKM, “Upaya Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Indonesia Melalui Regulasi Penerapan Biaya Terhadap Pemberian Kantong Plastik di Pasar Swalayan” oleh Andhika Putra – Mapres FH. Sedangkan Afida Luthfi Yuvana dari FKG memaparkan penelitian dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Memproduksi Pasta Gigi Sargassum SP. Untuk meningkatkan Taraf Ekonomi Mandiri.”

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama UI merupakan acara tahunan dimana pada tahun 2014 tema acara adalah "Indonesia yang Mandiri". Selain pemilihan Mapres Utama UI, Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2014 juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran, seperti; olimpiade sains,sosial karya ilmiah, dan lainnya. Apresiasi juga diberikan kepada mereka yang berprestasi di bidang olehraga, seperti Bulutangkis, Softball, Berkuda, dan lainnya. Disamping itu, prestasi di bidang seni dan budaya juga tak ketinggalan, seperti ; marching band, paduan suara, tari tradisonal dan modern Dance.

Farida mengatakan, tidak kurang dari 119 prestasi akademik maupun non akademik tingkat nasional dan internasional berhasil ditorehkan mahasiswa UI pada periode Mei 2013 hingga April 2014. "Penyelenggaraan Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2014 diharapkan dapat mengapresiasi prestasi mahasiswa serta dapat terus memicu para mahasiswa UI untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di lingkungan kampus maupun masyarakat baik itu bidang akademis maupun non akademis yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif," jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES