Ahad 27 Apr 2014 17:58 WIB

30 Kampus Ikuti Kontes Robot Tingkat Regional

Kontes robot tingkat regional 2014
Foto: Istimewa
Kontes robot tingkat regional 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– 15 Tim dari 30 kampus di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berhasil meraih tiket ke Kontes Robot Indonesia 2014 tingkat Nasional. Mereka adalah para juara Kontes Robot Indonesia 2014 tingkat Regional II. Di tingkat nasional di Yogyakarta Juni 2014 mendatang, mereka akan berebut posisi sebagai wakil Indonesia pada kontes tingkat internasional ABU Robocon 2014 yang akan berlangsung di Pune - India, 24 Agustus mendatang.

Pada Kontes Robot Indonesia 2014 regional II yang digelar di Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta 24-26 April 2014 diikuti oleh oleh 72 tim dari 30 perguruan tinggi. Kontes itu memperlombakan 5 divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda; Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki; Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI); dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Melalui serangkaian kompetisi, juara pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) adalah Tim El-Forza 14 (Politeknik Negeri Jakarta), juara kedua Tim Robunta (Universitas Tarumanagara), dan juara ketiga Tim Blue Deep (Universitas Budi Luhur).

“Semua tim kategori bergengsi ini memiliki kemampuan yang merata. Terbukti pada putaran final antara Politeknik Negeri Jakarta dan Untar berlangsung ketat. Pada kategori ini juga juri memberikan penghargaan Desain Terbaik untuk Robunta Universitas Tarumanagara dan Strategi Terbaik untuk Blue Deep Universitas Budi Luhur,” kata Ketua Panitia KRI Regional II di Jakarta, Agustinus Purna Irawan, dalam siaran persnya yang diterima ROL, Ahad 927/4),

Untuk kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, juara pertama Tim Azkaizan 4WD (Universitas Telkom), juara kedua Tim Thunder Bolt V.3 (Universitas Maranatha), dan juara ketiga Siliwangi II (Politeknik Negeri Bandung). Dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki juara satu Tim Yudhistira 2 (Politeknik Negeri Bandung), juara kedua Renato (Universitas Indonesia), juara ketiga Arjuna  (Universitas Telkom).

Pada  Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) juara pertama diraih Isola (Universitas Pendidikan Indonesia), juara kedua Dago Concordia (Institut Teknologi Bandung), dan juara ketiga Ashvara (Universitas Indonesia). Kemudian pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) juara pertama adalah Dago Hoogeshool (Institut Teknologi Bandung), juara kedua Isola S3 (Universitas Pendidikan Indonesia), dan juara ketiga Balaputramakara (Universitas Indonesia).

Rektor Universitas Tarumanagara, Roesdiman Soegiarso berharap semoga para juara di tingkat regional ini bisa berjaya di tingkat nasional. “Kemudian para juara ini bisa mewakili Indonesia pada kontes internasional di India Agustus 2014 mendatang,” harapnya.

Roesdiman juga mengatakan agar para mahasiswa berprestasi ini bisa terus mengembangkan gagasan teoritis menjadi penerapan teknologi nyata. Robotika adalah salahsatu cara implementasi berbagai disiplin ilmu yang jadi menarik, dinamis dan tidak membosankan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement