Kamis 26 Dec 2013 06:11 WIB

Kopertis XIV Papua Bantu Pengembangan Operasional PTS

Sarjana. Ilustrasi
Foto: ssu-usa.org
Sarjana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XIV Papua dan Papua Barat Drs Festus Simbiak M.Pd menyatakan kesiapan pihaknya membantu pengembangan pendidikan tinggi yang dikelola berbagai perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah tersebut.

"Tahun akademik 2014-2015 di wilayah kerja Kopertis XIV sudah ada pengajuan penambahan dua perguruan tinggi swasta baru yang akan beroperasi di Serui dan Sorong," ujarnya di Biak, Kamis.

Ia mengatakan, sebagai Kopertis XIV yang berkedudukan di Kabupaten Biak Nimfor pihaknya akan mendorong pendirian perguruan tinggi swasta baru di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pendirian PTS baru di tanah Papua, menurut Festus, dalam rangka mendukung penyiapan tenaga sumber daya manusia berkualitas di tanah Papua.

"Hanya saja setiap regulasi peraturan tentang pendirian PTS baru harus sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku," tegas mantan pejabat Rektor Uncen Jayapura.

Menyinggung pemberian akreditasi PTS, menurut Festus, hingga 2013 ini tetap berjalan karena merupakan kebutruhan perguruan tinggi swasta di tanah Papua.

"Label akreditasi yang disandang PTS menjadi barometer akan kualitas pengelolaan manajemen pendidikan tinggi bersangkutan," ujarnya.

Khusus PTS di Biak, menurut Festus, telah sebagian besar terakreditasi C dan B sehingga perlu didorong bisa ditingkatkan kualitasnya di tahun mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement