Jumat 30 Aug 2013 22:13 WIB

Mahasiswa Baru UGM Wajib IKut PPSMB

Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Ribuan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada Yogyakarta wajib mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru pada 2-3 September 2013, kata Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi.

"Bagi mereka yang mengikuti rangkaian kegiatan hingga selesai akan mendapatkan sertifikat lulus Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB), sedangkan bagi yang belum lulus akan diikutkan pada tahun depan," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, PPSMB adalah kegiatan semacam orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) yang pernah dikenal beberapa tahun silam. Bedanya, dalam kegiatan PPSMB, mahasiswa dijauhkan dari ajang perpeloncoan apalagi tindak kekerasan.

"PPSMB jauh dari model kekerasan dan perpeloncoan, kami siapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar sukses dan meningkatkan pengembangan kemampuan emosional, spiritual, dan kepedulian sosial mereka," katanya.

Ia mengatakan PPSMB menjadi bagian dari awal proses pembelajaran mahasiswa UGM. Mereka akan dikenalkan tentang pengenalan nilai-nilai ke-UGM-an, sarana dan prasana fakultas, dan pengembangan kemampuan "soft skill".

"Mahasiswa akan dilibatkan melalui sistem gugus di seluruh program studi dari 18 fakultas, dan satu sekolah vokasi," katanya.

Koordinator acara Muhammd Lutfi Firdaus mengatakan kegiatan PPSMB akan melibatkan hampir 10 ribu mahasiswa baru UGM.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa akan mempersembahkan aksi "freeze mob" di sepanjang Jalan Kaliurang yang "membelah" kampus UGM."Mereka akan melakukan aksi teatrikal dan menunjukkan poster yang berisi tawaran solusi terhadap masalah bangsa," katanya.

Menurut dia, mahasiswa juga akan mengikuti parade nusantara, di mana ribuan mahasiwa baru berkumpul menjadi satu membentuk formasi bendera merah putih. "Untuk membentuk gambar seperti bendera, mereka menggunakan caping berwarna merah dan putih," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement