Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tingkat Kompetisi Masuk Unsoed Berada di Peringkat Sembilan

Selasa 25 Jun 2013 16:00 WIB

Rep: eko widiyatno/ Red: Taufik Rachman

Rektor Unsoed Prof Edy Yuwono

Rektor Unsoed Prof Edy Yuwono

Foto: unsoed.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Di jajaran perguruan tinggi negeri di Tanah Air, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati calon mahasiswa dalam menimba ilmu.

''Unsoed tahun ini menjadi salah satu PTN yang masuk dalam 10 besar tingkat kompetitif tertinggi di Indonesia,'' kata Rektor Unsoed, Prof Edy Yuwono PhD, Selasa (25/6).Edy mengemukakan hal itu, dalam acara wisuda lulusan program Diploma III, Sarjana, Program Profesi dan Pasca Sarjana.

Total lulusan yang diwisuda ada 838 orang, yang terdiri dari lulusan program D-III sebannyak 88 orang, sarjana 639 orang, lulusan program profesi sebanyak 41 orang, dan lulusan program pasca sarjana sebanyak 70 orang.

Rektor menyebutkan, tingginya tingkat kompetitif menjadi mahasiswa Unsoed, menunjukkan bahwa Unsoed saat ini menjadi salah satu PTN yang mendapat kepercayaan sangat besar bagi masyarakat. ''Kepercayaan ini, harus kita jaga dengan terus memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa,'' jelasnya.

Tingginya tingkat kompetisi menjadi mahasiswa Unsoed, dibuktikan dalam proses penerimaan melalui jalur SNMPTN beberapa waktu lalu. Dalam proses penerimaan melalui jalur non ujian tertulis tersebut, tingkat kompetitif diterima sebagai mahasiswa Unsoed menduduki peringkat ke-9 PTN se-Indonesia.

Ketua III Panlok 41 Purwokerto, Budi Pratikno PhD, menyebutkan dalam penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN lalu, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Unsoed mencapai lebih dari 34 ribu orang.

Jumlah ini, meningkat 300 persen dibanding tahun lalu.Sementara calon mahasiswa yang diterima melalui jalur itu, hanya 1.595 orang. ''Jadi tingkat kompetisinya, bila dirata-rata mencapai 1 banding 22. Atau setiap calon mahasiswa harus menyisihkan 22 orang pendaftar lainnya,'' jelasnya.

Sementara dalam proses penerimaan siswa baru melalui jalur SBMPTN 2013, jumlah calon mahasiswa yang memilih program studi di Unsoed juga mengalami lonjakan cukup tinggi.

Pembantu Rektor I UNSOED, Prof Dr Mas Yedi Sumaryadi, calon mahasiswa pendaftar SBMPTN 2013 yang menetapkan program studi di Unsoed sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga, tercatat sebanyak 29.836 orang.''Jumlah ini mengalami peningkatan leih dari 60 persen dibanding tahun 2012.

Pada tahun itu, jumlah pendaftar yang memilih Unsoed sebagai tempat kuliah tercatat sebesar 19.635 orang,'' jelasnya.Padahal, kata Mas Yedi, daya tampung yang tersedia melalui jalur SBMPTN hanya sekitar 900 orang.

''Dengan demikian, rasio jumlah mahasiswa yang mendaftar dan diterima di Unsoed, adalah sekitar 1 berbanding 30,'' jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES