Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Mahasiswa UB Wakili Indonesia di SAIP 2013

Kamis 31 Jan 2013 13:15 WIB

Red: Taufik Rachman

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) Vidi Prasetyo akan mewakili Indonesia dalam agenda SOI Asia Internship Program (SAIP) 2013 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang (14/2-12/3).

Vidi satu-satunya mahasiswa S1yang lolos dan akan mengikuti kegiatan magang di beberapa perusahaan Jepang. Ia berada di Jepang bersama dua mahasiswa S2 (Malaysia dan Vietnam) serta satu mahasiswa S3 (Myanmar).

“Sebelum tahap final ada proses seleksi proposal bisnis dari negara-negara asia yang tergabung dalam SOI dan memilih satu orang untuk mewakili negaranya,” papar Vidi. Proposal bisnis yang diajukan sebelumnya adalah Keramik Batik bersama kedua temannya Obi Chandra dan Robby Soeyanto.

Ir. Lilik Setyobudi, Ms.,Ph.D. sebagai Vice President Asean Japan Entrepreneurship kemudian menjembatani mereka untuk mengikuti Dream Team SOI.

Dram Team ini merupakan wadah komunitas calon wirausaha muda yang difasilitasi oleh Jepang sebagai laboratorium calon wirausaha muda yang beranggotakan mahasiswa asia. “Harapannya komunitas ini bisa dijadikan media bertukar pikiran dengan mahasiswa-mahasiswa yang ada di negara Asia,” Ujar Obi.

Dalam perjalanannya proposal bisnis Keramik Batik akhirnya diganti dengan tema pemberdayaan sumber daya manusia yang dikolaborasikan dengan kebudayaan daerah. Konsep ini merupakan hasil diskusi dengan mahasiswa Thailand.

Jumlah dari peserta yang mengikuti Dream Team sebanyak 60 mahasiswa dari enam negara. Kemdian di seleksi menjadi empat mahasiswa yang mewakili masing-masing negara.

Agenda yang akan dijalani saat di Jepang nanti diantaranya adalah magang di perusahaan-perusaan jepang seperti NTT Data Company (Tokyo), Toyota (Nagoya) dan Panasonic (Osaka)

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA