Sabtu 15 Dec 2012 17:17 WIB

USU Tambah Dua Guru Besar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dua dosen tetap Universitas Sumatera Utara masing-masing dari Fakultas MIPA dan Teknik dikukuhkan sebagai Guru Besar masing-masing Prof Saib Suwilo dan Prof. Rosdanelli Hasibuan, ungkap Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Sayahril Pasaribu di Medan, Sabtu.

Dengan upacara pengukuhan ini, lanjut rektor, secara resmi keduanya diterima sebagai Anggota Tetap Dewan Guru Besar Universitas Sumatera Utara.

Pihaknya sangat mengharapkan pemikiran-pemikiran keduanya untuk pengembangan dan kemajuan Universitas Sumatera Utara yang kita cintai ini di masa mendatang.

"Harapan kami, dengan dikukuhkannya saudara-saudara menjadi guru besar akan menghasilkan karya-karya yang besar pula, terutama yang bermanfaat bagi kepentingan dan kemajuan universitas ini," katanya,

Dalam kesempatan itu rektor mengatakan sesuai UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa profesor merupakan jenjang jabatan akademik bagi seorang dosen di perguruan tinggi.

Untuk dapat diusulkan dalam jabatan ini setidaknya harus memenuhi beberapa persyaratan utama, diantaranya adalah dosen yang bersangkutan telah memiliki pengalaman kerja sepuluh tahun dan sebagai dosen tetap di satu perguruan tinggi, memiliki publikasi ilmiah, serta berpendidikan doktor atau yang sederajat.

Berdasakan ketentuan berlaku lainnya, pengusulan jabatan akademik ini dapat dilakukan bila dosen yang bersangkutan telah melewati proses penilaian terhadap standar etika dan moral akademik ditingkat universitasnya.

Selanjutnya, setelah melewati prosedur yang selektif dan terukur, mulai dari aspek tridharma perguruan tinggi hingga etika dan moral, barulah dapat dipastikan dosen yang bersangkutan dapat diusulkan yang kemudian untuk ditetapkan menjadi Profesor.

Hal ini patut menjadi perhatian kita bersama, karena profesor bukanlah hanya semata sebagai satu jabatan akademik tertinggi yang dicita-citakan oleh setiap dosen.

Namun dia juga merupakan figur yang memiliki tanggung jawab terhadap kelangsungan proses belajar yang bermutu, baik terhadap pengkajian dan pengembangan disiplin ilmu maupun bagi kepentingan dan kemajuan pendidikan tinggi kita.

Oleh karena itu seorang profesor adalah sosok yang patut menjadi suri tauladan, terutama bagi para mahasiswanya, teman sejawat dan masyarakat disekelilingnya.

"Karena ia bukan saja memiliki kemampuan akademik yang tinggi dibidangnya namun juga tinggi dalam etika dan moral," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement