Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

SMPTN Jalur Undangan Kurangi Beban Negara

Jumat 14 Dec 2012 12:10 WIB

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari

Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.

Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.

Foto: www.persma.com

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI – Kebijakan pemerintah menerapkan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) melalui jalur undangan dinilai bisa mengurangi beban keuangan negara.

"Penerapan kebijakan itu akan menguntungkan negara karena tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran besar untuk membiayai ujian SMPTN seperti selama ini," kata Rektor Universitas Haoluoe Kendari, Sulawesi Tenggara Usman Rianse, Jumat (14/12).

Untuk diterima masuk perguruan tinggi negeri, kata dia, panitia seleksi tidak perlu lagi menyelenggarakan ujian yang biayanya cukup besar. Melainkan cukup melihat nilai Ujian Naional (UN) para calon mahasiswa.

Mereka yang memiliki nilai UN yang tinggi, katanya, otomatis bisa langsung diterima sepanjang daya tampung perguruan tinggi negeri yang bersangkutan masih memungkinkan.

Selain itu, kata dia, kebijakan tersebut juga membuka peluang anak-anak bangsa dari kalangan keluarga ekonomi lemah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Selain itu, katanya, anak-anak dari daerah terpencil juga kesulitan mengakses informasi tentang cara-cara mengikuti SMPTN yang sudah menggunakan sistem teknologi informasi.

"Masalah itu yang akan mengurangi kesempatan tamatan SMA dan sederajat dari sekolah di daerah terpencil untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui kebijakan pemerintah yang baru itu," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA