Rabu 19 Jan 2011 09:00 WIB

Rektor Undip Wajibkan Mahasiswa Baru Tinggal di Rusunawa

Pintu Gerbang Universitas Diponegoro, Semarang
Pintu Gerbang Universitas Diponegoro, Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Sudharto P. Hadi, mewajibkan mahasiswa baru tinggal di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang dimiliki perguruan tinggi itu. "Kami akan mewajibkan mahasiswa baru Undip untuk tinggal di rusunawa, terutama mahasiswa dari luar kota, setidaknya selama satu tahun pertama menjalani kuliah," katanya di Semarang, Selasa (18/1).

Dengan tinggal di rusunawa, menurut dia, bisa menjalin keakraban mahasiswa satu dengan lainnya secara lebih baik, terutama mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas yang berbeda. Ia mengatakan, kondisi mahasiswa saat ini berbeda dengan dulu, terutama interaksi dan saling mengenal antara mahasiswa satu dengan lain, termasuk dengan mahasiswa lain fakultas.

"Kalau zaman saya (berkuliah, red.) dulu, mahasiswa pasti kenal dengan seluruh teman satu fakultasnya, bahkan dengan teman-teman lain yang berbeda fakultas, itu dulu," katanya.

Akan tetapi, kata dia, mahasiswa sekarang belum tentu kenal dengan seluruh temannya yang satu fakultas, apalagi dengan teman lain yang kuliahnya berbeda jurusan dan fakultas. "Mahasiswa sekarang, kalau tidak satu fakultas tidak banyak kenal, terkesan tak acuh satu sama lain. Bahkan, bisa jadi saya rektornya mereka belum tentu tahu," katanya seraya berkelakar.

Karena itu, kata dia, pihaknya akan mewajibkan para mahasiswa baru untuk tinggal di asrama, namun memang tidak semuanya, mengingat keterbatasan kapasitas rusunawa yang dimiliki. Sudharto yang juga pakar lingkungan itu menjelaskan, manfaat positif tinggal di rusunawa yakni munculnya kesetiakawanan di antara mahasiswa, sekaligus sebagai perekat komponen Undip.

Ia menyebutkan, setidaknya ada sekitar 1.000 mahasiswa baru yang siap ditampung di rusunawa dalam penerimaan tahun ajaran ini, dan diutamakan mereka yang berasal dari luar daerah. "Kami akan mempersiapkan berbagai fasilitas di rusunawa menghadapi penerimaan mahasiswa ini, setidaknya ada 1.000 mahasiswa di rusunawa. September 2011 ditargetkan semuanya siap," katanya.

Nantinya, kata Sudharto, jumlah mahasiswa yang diwajibkan tinggal di rusunawa akan ditambah, seiring dengan peningkatan kapasitas dan fasilitas yang dimiliki pada tahun ajaran mendatang. Undip saat ini memiliki tiga blok rusunawa, satu blok merupakan hibah dari Kementerian Perumahan Rakyat, sedangkan lainnya hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement