Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

UII Yogyakarta Targetkan 1.000 Webometrics

Sabtu 26 Feb 2011 13:40 WIB

Red: Djibril Muhammad

Logo UII

Logo UII

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menargetkan masuk peringkat 1.000 dunia versi Webometrics sebagai upaya memantapkan diri menuju universitas kelas dunia. "Dalam pemeringkatan terbaru Webometrics yang dirilis akhir Januari 2011, Universitas Islam Indonesia (UII) berada di peringkat 1.217 dunia. Kami akan berupaya meningkatkan peringkat tersebut," kata Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Sabtu (26/2).

Menurut dia pada upacara wisuda lulusan UII periode III tahun akademik 2010/2011, upaya itu memerlukan

keterlibatan semua sivitas akademika dan unit terkait untuk berperan aktif dalam meningkatkan peringkat

Webometrics. "Dalam upaya meningkatkan peringkat Webometrics tersebut UII akan melibatkan unit-unit terkait yang selama ini belum berperan secara optimal. Peningkatan peringkat itu menunjukkan UII serius untuk memantapkan diri menuju 'world class university'," katanya.

Ia mengatakan, upaya itu untuk mendukung daya saing dengan kampus-kampus di dunia, sehingga UII tetap fokus untuk terus membenahi sistem 'website'. "Hal itu terus dilakukan karena selain untuk menjadi bahan masukan terkait dengan daya saing UII, juga merupakan bentuk komitmen kami terkait dengan keterbukaan informasi kepada publik," katanya.

Menurut dia, upaya internasionalisasi itu tidak hanya dilakukan dalam mendukung kompetensi keilmuan, tetapi juga dalam hal lain seperti komitmen mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat melalui program kampus hijau. Berdasarkan rilis UI Green Matric Ranking World Universities beberapa wakatu lalu, UII dinilai menjadi salah satu kampus terhijau di Indonesia.

Selain itu, dari 95 perguruan tinggi yang tersebar di 35 negara, UII dinilai sebagai kampus terhijau peringkat

35. Ia mengatakan, di tingkat nasional, UII menduduki peringkat 10 dari 22 perguruan tingg di Indonesia sebagai 'green campus'.

"Hal itu menggambarkan bahwa berbagai upaya yang dilakukan UII mengarah pada visi sebagai rahmat bagi semesta," katanya.

Pada upacara tersebut UII mewisuda sebanyak 462 lulusan, terdiri atas 42 lulusan program magister, 387 lulusan program sarjana, dan 33 lulusan program diploma. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih Robby Pebrianto dari Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri UII dengan IPK 3,88.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA