Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Insya Allah! Madrasah Gratis Terealisasi Medio 2011

Jumat 25 Feb 2011 13:32 WIB

Red: Djibril Muhammad

Menteri Agama Suryadharma Ali

Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, pihaknya akan mengonsentrasikan bidang pendidikan pada medio 2011 dengan program pendidikan madrasah gratis secara bertahap sudah dapat direalisasikan. "Program madrasah gratis sudah harus berjalan, meski dari sisi kemampuan keuangan masih dihitung," katanya ketika membuka Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di Medan, Jumat (25/2).

Menteri Suryadharma Ali mengakui perhitungan pemberian dana bagi sejumlah madrasah hingga kini masih terus berlangsung. Untuk itu, ia berharap hal itu segera dapat diselesaikan secepatnya. Jika pun kemampuan pemberian dana gratis bagi pendidikan di madrasah baru bisa separuhnya, hal itu harus disyukuri. Jika baru seperempatnya bisa diwujudkan, juga harus disyukuri, kata Suryadharma Ali.

Ia menjelaskan, program pendidikan madrasah gratis jangan sampai menimbulkan masalah di kemudian hari. Program yang baik itu harus menghasilkan yang baik juga. Jangan sampai ada persoalan di lapangan. "Rencana yang baik jangan bermasalah di lapangan," harapnya.

Menag pun mengingatkan bahwa jika ada madrasah yang sudah dapat bantuan dari bupati atau walikota, hendaknya madrasah bersangkutan tak diberikan dana gratis. Dana yang ada bisa dialokasikan ke madrasah lain yang membutuhkan. Sebab, katanya, ada beberapa pejabat di daerah memberikan bantuan kepada madrasah sebagai bagian dari janjinya ketika pejabat bersangkutan berkampanye dalam pemilihan kepala daerah. "Biarkan mereka beramal, kasih kesempatan," ujar Menag Suryadharma Ali.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA