Selasa 08 Feb 2011 20:39 WIB

Duh.. Puluhan Ribu Anak di Tasikmalaya Putus Sekolah

Anak  harus bekerja membantu orang tua, menjadi salah satu penyebab putus sekolah/ilustrasi
Anak harus bekerja membantu orang tua, menjadi salah satu penyebab putus sekolah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA - Sekitar 40 ribuan lebih anak di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tahun 2010 tercatat mengalami putus sekolah. Mereka tidak tamat SD atau SMP. Ada yang tidak mampu melanjutkan sekolah ke jenjang tingkat SMP maupun SMA sederajat.

"Data itu baru berdasarkan pengkajian dari Dinas Sosial. Hingga tahun 2010, tercatat jumlah anak yang mengalami putus sekolah itu sekitar 40 ribuan," kata Kepala Seksi Rehabilitasi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Transmigrasi Kota Tasikmalaya, Awan S, saat menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat di Tasikmalaya, Selasa (8/2).

Pelatihan Persyaratan Penerimaan Calon Siswa dari Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (BPSBR) Cibabat-Cimahi dan Rumah Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (RPSBBR) Ciganjeng, Ciamis, diikuti lapisan masyarakat Tasikmalaya di Yayasan Pendidikan Islam Pesantren Buninagara (YPIPB) Tasikmalaya.

Menurut Awan, anak atau remaja yang mengalami putus sekolah di tingkat SD maupun SMP itu disebabkan berbagai faktor. Salah satunya karena faktor ekonomi yang tidak menunjang. "Data akuratnya terkait anak putus sekolah mungkin ada di Dinas Pendidikan. Itu lengkap dengan permasalahannya," kata Awan.

Upaya penanganganan anak putus sekolah di Kota Tasikmalaya, kata Awan, akan melakukan kerja sama dengan dua lembaga pemberdayaan sosial yakni dengan BPSBR Cibabat-Cimahi dan RPSBBR Ciganjeng, Ciamis, dibantu Lembaga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tasikmalaya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement