Rabu 19 Jan 2011 02:13 WIB

Ini Dia Dua Jalur SNMPTN UGM

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Direktur Administrasi Akademik UGM, Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, seleksi SNMPTN pada 2011 ini dilakukan melalui dua jalur, yaitu utul SNMPTN dan melalui undangan. Jalur undangan ini diberikan untuk seleksi mahasiswa yang dulu melalui jalur penelusuran bibit unggul baik unggul daerah, unggul tidak mampu, dan bakat seni serta olahraga.

"Yang undangan ini adalah mereka yang berprestasi 25 persen di sekolah asalnya," terang Budi, Yogyakarta, Selasa (18/1).

Kuota mahasiswa baru yang diseleksi melalui SNMPTN jalur undangan ini diserahkan ke masing-masing fakultas di UGM. Setiap fakultas, kata Budi, kuota untuk jalur undangan SNMPTN di UGM berkisar antara 17-54 persen.

Menurut Kepala Humas dan Protokoler UGM, Suryo Baskoro, kuota 17 persen ini antara lain dilakukan oleh Fakultas Agronomi dan yang 54 persen dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM. "Ini sesuai dengan kapasitas dan minat, kapasiyas di fakultas itu besar dan minatnya juga besar sehingga FEB dan FK bisa sampai 54 persen untuk jalur ini," terangnya.

Diakui Budi, hingga saat ini sudah ada 7.888 calon mahasiswa baru yang mendaftar ikut UM UGM tahun 2011 ini. Selanjutnya pendaftar akan dialihkan untuk mendaftar seleksi UGM melalui SNMPTN. Saat ditanya tentang kerugian akibat tidak digelarnya UM, Budi mengatakan pihaknya tidak pernah menghitung untung dan ruginya.

Pada 2010 lalu jumlah pendaftar UM UGM sendiri mencapai 47 ribu orang dan yang diterima hanya 4 ribu orang dengan uang pendaftaran UM Rp 200 ribu/orang. "Kita tidak memperhitungkan untung rugi secara finansial, yang kita pikirkan bagaimana melakukan seleksi terbaik bagi calon mahasiswa baru," tandas Sudjarwadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement