Rabu 19 Jan 2011 01:43 WIB

Tak Gelar Ujian Mandiri, UGM Ikuti Seleksi SNMPTN

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2011 ini memutuskan untuk tidak menggelar ujian mandiri untuk seleksi mahasiswa barunya. UGM bahkan memutuskan akan mengikuti seleksi mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bersama PTN lain di Indonesia.

Rektor UGM, Prof Dr Sudjarwadi mengatakan, keputusan tersebut dibuat setelah UGM dilibatkan dalam tim pembuatan soal untuk ujian tulis (utul) SNMPTN tahun ini bersama ITB dan UI. Dengan begitu pihaknya kata Sudjarwadi, yakin jika kualitas seleksi mahasiswa baru melalui SNMPTN ini hampir sama dengan kualitas Ujian Masuk (UM) UGM yang telah dirintisnya sejak tahun 2003 lalu.

"Kualitas seleksi melalui UM UGM telah terbukti, berdasarkan indikator rerata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lebih tinggi untuk mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini dibandingkan mahasiswa yang diseleksi melalui jalur UMPTN atau SNMPTN. Tetapi untuk SNMPTN tahun 2011 ini sudah disepakati soal-soal yang kita kembangkan di UM UGM akan diintegrasikan ke soal SNMPTN sehingga kita mantap untuk ikut seleksi melalui jalur nasional ini," jelasnya di Rektorat UGM, Selasa (18/1)

Pada 2011 ini, UGM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 6.000 hingga 7.000 orang di 60 program studi yang ada di perguruan tinggi negeri tertua di Yogyakarta ini. Mahasiswa baru tersebut akan dijaring melalui SNMPTN seluruhnya. Pelaksanaan seleksi sendiri, kata Sudjarwadi, dilakukan berdasarkan Permendiknas No 34 tahun 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement