Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Universitas Gunadarma Raih Peringkat Kelima Versi 4ICU

Kamis 13 Jan 2011 05:07 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Foto: Gunadarma.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Universitas Gunadarma menduduki peringkat lima perguruan tinggi di Indonesia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) yang merupakan lembaga pemeringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet. "Universitas Gunadarma mampu bertahan di posisi lima," kata Rektor Universitas Gunadarma, Margianti, di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Menurut dia, metode pemeringkatan sangat berkaitan dengan kiprah akademik perguruan tinggi tersebut karena kontribusinya ke publik. Ia mengatakan, pemeringkatan web perguruan tinggi di dunia versi 4ICU sudah cukup populer, dan hasilnya selalu ditunggu-tunggu berbagai perguruan tinggi dan publik.

Menurut dia, lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 perguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu google pagerank, inbound link yahoo, dan web trafic berdasarkan alexa (http//www.alexa.com).

"Ranking tersebut menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, yang sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontriubusinya dari perguruan tinggi," ujarnya.

Saat ini sebanyak 151 perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk pemeringkatan tersebut, atau bertambah tiga perguruan tinggi dibandingkan edisi Juli 2010.

Untuk posisi lima besar tidak berubah dan masih ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Gunadarma.

Untuk peringkat keenam adalah Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas 11 Maret.

"Hanya dua PTS yang mampu mengimbangi dominasi PTN pada peringkat sepuluh besar, yaitu Universitas Gunadarma dan Universitas Bina Nusantara)," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA