Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

GM Akan Reaktivasi Pabrik di Indonesia

Rabu 19 May 2010 20:46 WIB

Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Produsen otomotif asal Amerika Serkat, General Motor (GM) menegaskan kembali komitmennya untuk meningkatkan investasinya di Indonesia dengan mengaktifkan kembali (reopen) pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, meski mereka tidak menjelaskan kapan pabrik itu efektif beroperasi.

Dalam acara perkenalannya di Jakarta, Selasa (18/5), Head of GM's Thailand & South East Asia Operation yang baru, Martin Apfel, mengatakan bahwa GM sangat serius untuk mengaktifkan kembali pabrik di Indonesia, salah satu buktinya perusahaan itu sudah mengirimkan tim kecil untuk mempersiapkannya.

"Tim juga sudah membicarakan kontrak-kontrak dengan para suplayer di Indonesia yang keputusannya akan dibuat dalam dua bulan ke depan," kata Apfel.

Martin Apfel menduduki President of GM South East Asia Operations menggantikan Steve Carlisle yang sekarang menjabat Vice President US Sales Operations.

Dia menuturkan, pendanaan dalam pengaktifan kembali pabrik itu kemungkinan besar akan memanfaatkan fasilitas dari bank-bank lokal di Indonesia.

GM melalui GM Autoworld Indonesia akan berusaha mencapai 80 persen muatan lokal dalam produksinya di Indonesia dan perusahaan sudah menjajaki kerjasama dengan suplayer-suplayer lokal yang ternyata banyak yang handal serta bisa disinergikan untuk menekan biaya.

Dalam New GM yaitu pengelolaan baru GM pasca-kesulitan finansial tahun lalu, aset-aset yang ada di Indonesia, termasuk pabrik di Pondok Ungu, termasuk dalam aset-aset yang masih bisa berkembang sehingga rencana untuk mengaktifkan pabrik itu tetap akan dijalankan.

Apfel mengaku sudah berbicara dengan banyak bankir, tidak saja yang ada di Indonesia, dan mereka menyatakan bahwa kepercayaan pasar dan investor terhadap Indonesia sangat tinggi. Mantan Executive Director of Global Manufacturing Strategy and Planning GM itu optimistis seluruh potensi di Indonesia akan berkembang.

Menurut Managing Director GM Autoworld Indonesia Mukiat Sutikno, dalam kunjungannya ke Indonesia, Martin Apfel juga telah berbicara dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan instansi terkait lainnya mengenai bagaimana membuat iklim investasi di Indonesia menjadi lebih baik.

Dalam pertemuan-pertemuan itu juga dibicarakan mengenai keinginan GM berinvestasi di Indonesia, termasuk pengaktifan kembali pabrik di Bekasi. "GM sudah mengirimkan banyak enginer ke Indonesia dan akan membuat perubahan desain mobil sesuai dengan keinginan pasar di Indonesia," kata Mukiat.

Untuk pasar Indonesia, GM akan memproduksi mobil MPV berharga murah yang sesuai dengan keinginan pasar di Indonesia. Apfel mendeskripsikan bahwa mobilnya nanti bentuknya tidak begitu besar, tetapi memiliki banyak tempat (ruang) functionable untuk keperluan keluarga Indonesia.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Semangat Adul Menuntut Ilmu (2)

Selasa , 13 Nov 2018, 23:56 WIB