Sabtu 07 Apr 2012 16:25 WIB

UMY Gelar Lomba Robot Antar SMA

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sebanyak 55 peserta mengikuti lomba robot "line follower" tingkat sekolah menengah atas se-Pulau Jawa bertajuk "Robotech UMY 2012" yang diselenggarakan Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Lomba robot 'line follower' yang diselenggarakan selama dua hari, 7-8 April 2012 itu adalah ajang adu cepat robot yang dirancang untuk melewati lintasan garis hitam melalui sensor yang dipasang pada robot," kata koordinator lomba "Robotech UMY 2012" Dian Budi Santoso di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pada hari pertama, para peserta dibagi menjadi delapan grup. Dalam dua kali kesempatan, robot dengan ukuran maksimal 20x20 sentimeter akan melewati lintasan dengan total luas 4,5x5,5 meter.

"Peserta diberi waktu empat menit agar robot yang dirancang menyelesaikan lintasan. Empat robot dengan waktu terbaik masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya pada hari kedua," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 32 peserta pada hari kedua akan mengikuti babak selanjutnya dengan sistem gugur. Mereka akan diadu untuk melewati lintasan dengan rintangan yang lebih rumit dari babak penyisihan.

"Dua robot yang mencapai babak final akan memperebutkan juara pertama. Selain memperebutkan juara pertama hingga empat, 'Robotech UMY 2012' juga akan memberikan dua kategori penghargaan, yakni desain terbaik dan teknologi terbaik," katanya.

Menurut dia, penghargaan itu diberikan kepada robot dengan kriteria tertentu. Desain terbaik dinilai dari kretivitas pada bentuk robot, sedangkan teknologi akan dilihat dari spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.

Robot "line follower", kata dia, sedang menjadi tren di kalangan pelajar dan mahasiswa. Di kalangan pelajar sekolah menengah atas (SMA), misalnya, muncul komunitas-komunitas ekstrakurikuler perancangan robot sehingga keterampilan merancang robot semakin berkembang.

"Lomba robot 'line follower' itu merupakan rangkaian dari "UMY Festival 2012" yang diselenggarakan untuk menyemarakkan Milad Ke-31 UMY," kata Dian.

Ketua Panitia "UMY Festival 2012" Iswanto mengatakan, selain lomba robot "line follower", dalam rangkaian "UMY Festival 2012" juga digelar beberapa lomba.

"Lomba tersebut antara lain pidato bahasa Inggris, cerdas cermat, paduan suara, roket air, karya tulis, aeromodelling aeroglider, desain poster, kompetisi membuat jembatan menggunakan 'stick ice cream', dan kompetisi membangun jiwa kemanajeran pelajar," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement