Jumat 12 Oct 2012 18:37 WIB

Beragam Pendapat Terkait UN 20 Soal

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Djibril Muhammad
Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Rencana Mendikbud M Nuh membuat 20 variasi soal untuk pelaksanaan Ujian Nasioan (UN) pada 2013 mendatang mendapat tanggapan beragam dari sejumlah siswa SMU. Sebagian besar menyatakan setuju, namun disertai barbagai catatan.

Menurut Danang Aryo Putro, membuat soal UN hingga 20 viariasi bukan hal yang spesial. "Tapi mungkin akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya karena ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecurangan," ujar Danang, Jumat (12/10).

Pelajar kelas 3 SMAN 1 Pamekasan, Madura ini mengatakan, yang perlu dibenahi sebetulnya adalah sistem pendidikan dan pengajaran dari guru sehingga siswa tidak lagi mau mengerjakan soal dengan cara-cara yang tidak jujur. Menurut pelajar yang baru selesai mengikuti Lasenas X di Jambi ini, ada 20 jenis soal pun belum menjamin tidak akan adanya soal yang bocor.

Karena itu, yang terpenting menurut Danang, membuat standardisasi kepada guru-guru bagaimana cara mengajar yang kepada miuridnya. "Maunya sih ada cara mengajar yang lebih, mendidik jangan lagi dengan cara konvensional," ujarnya.

Sementara, Alifah Yuli Nugraeni, pelajar SMAN 1 Yogyakarta, mengatakan setuju dengan akan diberlakukanya variasi soal hingga 20 buah. "Kalau ada 20 soal kan berarti kemungkinan untuk saling contek akan tipis, karena soalnya berbeda-beda," ujar Alifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement