Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Unej Datangkan Pakar Matematika Belgia dan Ceko

Rabu 01 Aug 2012 21:00 WIB

Red: Chairul Akhmad

Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.

Sudut kampus Universitas Jember, Jawa Timur.

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER – Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Universitas Jember (Unej), Rabu (1/8), mengadakan kuliah umum dengan mendatangkan dua pakar matematika dari Belgia, Prof Dominique Buset dan dari Republik Ceko, Prof Premek Holub.

Prof Premek Holub merupakan akademisi dari University of West Bohemia Plzen, Republik Ceko. Sementara Prof Dominique Buset dari Universite Libre de Bruxelles Belgia. Keduanya memberikan kuliah dengan tema "Public Lecture on Optimal Network Topology".

Prof Premek dalam kuliahnya menerangkan bahwa dalam matematika dan ilmu komputer terdapat teori graf yang merupakan cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf.

"Satu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut simpul (vertex atau node) yang terhubung oleh sisi. Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik yang melambangkan simpul yang dihubungkan oleh garis-garis yang melambangkan sisi atau garis berpanah yang melambangkan busur," paparnya.

Menurut dia, satu sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan simpul yang sama. Sisi yang demikian dinamakan gelang atau loop. "Banyak sekali struktur yang bisa direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan bantuan graf,” lanjutnya.

Prof Premek mencontohkan, jaringan persahabatan pada Facebook bisa direpresentasikan dengan graf, yakni simpul-simpulnya adalah para pengguna Facebook. Dan ada sisi antarpengguna jika mereka berteman.

“Teori graf tidak hanya untuk dunia matematika belaka, namun sekarang sudah diaplikasikan pada bidang lain semisal ekonomi, sistem informasi dan tentu saja dalam ilmu komputer,” pungkasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA