Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Hore, Jepang Buka Beasiswa Bagi 140 Mahasiswa RI

Rabu 01 Feb 2012 18:05 WIB

Red: Ramdhan Muhaimin

Beasiswa (ilustrasi)

Beasiswa (ilustrasi)

Foto: yeppopo.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pemerintah Jepang berikan kesempatan kepada para mahasiswa Indonesia untuk belajar di Negeri Sakura tersebut. Sebanyak 140 beasiswa disediakan pemerintah Jepang.

"Tahun ini Pemerintah Jepang menyediakan sebanyak 140 beasiswa. Mereka yang berminat bisa mendaftarkan lewat Kedutaan Jepang untuk Indonesia yang ada di Jakarta mulai bulan April 2012 atau melalui uinversitas yang telah ditunjuk," kata Konsul Kedutaan Besar Jepang Bidang Penerangan Kebudayaan dan Pendidikan Masa Kitani, Rabu (1/2)

Pernyataan itu disampaikan Masa Kitani seusai bertemu dengan Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) di rumah dinasnya Loji Gandrung Solo.

Ia mengatakan universitas di Solo yang dipilih untuk melakukan kerja sama dalam pemberian beasiswa tersebut yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Slamet Riyadi (Unisri), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Kerja sama dengan ketiga universitas tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, dan dipilihnya ketiga universitas ini untuk bekerja sama dalam penerimaan mahasiswa baru yang belajar di Jepang, karena mempunyai kualitas yang baik.

Menyinggung mengenai kuota khusus untuk Solo, Masa Kitani mengatakan tidak ada. Jatah sebanyak 140 itu untuk seluruh Indonesia. Jadi silahkan saling berlomba yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa yang diberikan itu untuk program S1, S2 dan S3, dalam segala disiplin ilmu yang ada.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo, mengatakan selain penawaran beasiswa dari Pemerintah Jepang juga akan dijalin kerjasama mengenai pengembangan pariwisata. Tawaran itu sangat bagus dan kami berharap kesempatan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua pelajar/mahasiswa yang ada di Solo. Masa Kitani mengatakan pihaknya sebelum bertemu dengan Wali Kota Surakarta Joko Widodo, lebih dulu mengunjungi kampus Unisri Solo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA