Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Universitas Ahmad Dahlan Gelar Festival Muhamaram

Sabtu 26 Nov 2011 16:09 WIB

Rep: yulianingsih/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah menggelar festival Muharram 1433 H di kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Sabtu (26/11). Festival Muharram yang digelar untuk menyambut tahun baru Hijriyah ini dimeriahkan dengan karya karya sembilan senirupa Muhammadiyah.

Sembilan perupa tersebut antara lain, Timbul Raharjo, Syaiful Adnan, Tri Purwanto, Robert Nasrullah, Djanjang PS ,Chairudin, A Zainuri, dan Mery Suska.

Pembukaan festival Muharram sendiri dilakukan oleh Rektor UAD Kasiyarno dan Ketua PP Muhammadiyah Syukriyanto. Pembukaan dilakukan dengan goresan lukisan dikanval oleh Kasiyarno dan Syukriyanto bersama seluruh perupa Muhammadiyah.

Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Jabrohim mengatakan, pameran seni rupa ini merupakan tahun kedua digelar PP Muhammadiyah untuk menyemarakkan tahun baru hijriyah. "Ini juga bukti bahwa Muhammadiyah tidak garing dengan karya seni," Terangnya.

Menurutnya, hasil penjualan karya seni tersebut sebagian akan disumbangkan untul LSBO PP Muhammadiyah. Selain pameran seni rupa, festival Muharram PP Muhammadiyah juga diwarnai dengan lounching buku-buku karya warga Muhammadiyah. Sedikitnya ada 32 buku hasil karya warga Muhammadiyah dalam kurun tahun 2011 ini.

Rektor UAD, Kasiyarno mengatakan seni merupakan bentuk apresiasi yang bisa dinikmati pihak lain. UAD sendiri terbuka untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan. "Sosialisasi seni harus terus digalakkan agar seni bisa terus dikembangkan," terangnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES