Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Unes Gandeng WikiPedia Indonesia Kembangkan Artikel Bahasa Jawa

Kamis 13 Oct 2011 22:04 WIB

Red: Stevy Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Universitas Negeri Semarang dengan Wikipedia Indonesia bekerja sama mengembangkan artikel berbahasa Jawa di situs tersebut, melalui kompetisi menulis artikel bertajuk "Papat Limpad".

"Kerja sama ini ditujukan untuk memperbanyak artikel dan suntingan artikel berbahasa Jawa yang ada di Wikipedia," kata Direktur Proyek "Papat Limpad", Prasetyo, di sela "Gebyar Budaya dan Bahasa Jawa" di Semarang, Kamis.

Menurut dia, kompetisi tersebut berlangsung sejak April 2011 dan selama tujuh bulan itu dilakukan penilaian secara bertahap terhadap para peserta kompetisi yang mengirimkan artikel berbahasa Jawa ke Wikipedia.

Ia menyebutkan, penilaian terhadap artikel yang dikirimkan mendasarkan kepada berbagai aspek, seperti kemauan dan kekuatan menulis dan tulisannya. Tema tulisan dibebaskan, asalkan ditulis dalam bahasa Jawa.

Setiap peserta, katanya, akan dipresensi menyangkut sesering apa menyunting artikelnya di Wikipedia. Kalau selama lima hari tulisan yang dikirimkan tidak mengalami perkembangan, katanya, peserta tersebut akan dicoret.

"Ya ketat memang, dari semula yang mencapai 70 peserta, pada babak final menyusut menjadi sekitar 20 peserta, dan dipilih tujuh penulis terbaik. Ada lebih dari 2.000 artikel yang telah dihasilkan," katanya.

Kerja sama itu, kata dia, menguntungkan kedua pihak, baik Wikipedia yang bisa menambah jumlah hasil suntingan dan artikel berbahasa Jawa, maupun Unnes, terutama Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni(FBS).

"Para mahasiswa jurusan itu mendapatkan kesempatan mengasah kemampuan menulis dengan standar yang baik, sekaligus menjadi langkah untuk 'nguri-uri' atau melestarikan budaya dan sastra Jawa," katanya.

Pendiri Wikipedia Indonesia yang juga juri kompetisi itu, Revo Arka Giri Soekatno, mengatakan, proyek kerja sama dengan Unnes itu merupakan kelanjutan proyek sebelumnya dengan lima perguruan tinggi.

"Pada 2010 lalu, kami bekerja sama dengan lima perguruan tinggi di wilayah Jakarta, antara lain Universitas Indonesia untuk Wikipedia bahasa Indonesia," kata Revo yang juga doktor sastra Jawa lulusan Universiteit Leiden, Belanda itu.

Pada 2011, kata dia, kerja sama ditujukan untuk Wikipedia bahasa Jawa, kemudian menggandeng Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes dengan memperlombakan penulisan artikel berbahasa Jawa untuk mahasiswanya.

"Hasil dari kompetisi ini bagus, meski jumlah artikel yang terkumpul hanya sekitar 3.000 tulisan, namun jumlah pembaca meningkat, dari semula 1,2 juta pembaca per bulan menjadi dua juta pembaca per bulan," kata Revo.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA