Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Gubernur Babel Minta Ubah STAIN Menjadi IAIN

Selasa 11 Oct 2011 14:09 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG – Sebagai daerah pemekaran, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung kini berkembang pesat.

Di bidang pendidikan, daerah yang terpisah dari Sumatera Selatan (Sumsel) ini sudah memiliki dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Universitas Bangka Belitung (UBB).

Sebagai sekolah tinggi agama Islam yang baru, Gubernur Provinsi Babel Eko Maulana Ali, meminta kepada Menteri Agama Suryadharma Ali yang hadir pada Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) di Pangkalpinang, sejak 10 - 13 Oktober 2011, untuk dapat meningkatkan status (STAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

"Peningkatan status ini sesuai rencana induk pengembangan STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik pada 2014. Selanjutnya, pada 2018 dikembangkan menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN Babel. Dan pada 2035 menjadi Common University atau sebuah universitas yang mampu melayani semua kebutuhan keilmuan masyarakat dunia," kata Eko, Selasa (11/10)

Menurut Eko, percepatan dan eksistensi STAIN Babel ke depan sudah dapat dipastikan memerlukan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas. "Karena itu, kepada para profesor-profesor putra daerah Babel untuk selalu bekerjasama dalam segala bidang," kata mantan Bupati Bangka tersebut.

STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik yang awalnya sebuah perguruan tinggi swasta, sejak 2004 menjadi perguruan tinggi Islam negeri yang memiliki tiga jurusan dan lima program studi. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA