Senin 20 Jun 2011 14:16 WIB

Siswa SD Tangsel Lulus 100 Persen, Tapi Nilai Rata-rata Turun

Rep: c17/ Red: Siwi Tri Puji B
Ujian Nasional SD, 100 persen siswa Tengarang Selatan lulus
Foto: Republika
Ujian Nasional SD, 100 persen siswa Tengarang Selatan lulus

REPUBLIKA.CO.ID,  TANGSEL – Siswa Sekolah Dasar di Tangerang Selatan (Tangsel) dinyatakan lulus 100 persen. Hal ini dibenarkan Kasi Bina SD Diknas Tangsel, Yahya Sutemi, Selasa (20/6). Menurutnya, dari jumlah 301 Sekolah Dasar Negeri dan swasta di Tangsel, meluluskan semua siswa.

Perihal kemungkinan kecurangan, Yahya membantah adanya upaya pengkatrolan nilai dari pihak sekolah untuk meluluskan siswa. “Kecil kemungkinannya, karena kami selalu melakukan pengontrolan sejak awal,” ujarnya.

Saat ini, jumlah siswa sekolah dasar di Tangsel mencapai 19.084. Dengan rincian, 72 swasta, 2 negeri, dan 2.187 Madrasah Ibtidaiyah.

Penentuan kelulusan siswa, tambah Yahya, dihitung berdasarkan nilai rata-rata selama semester tujuh hingga 11. “Ini juga ditambah nilai rata-rata ujian sekolah,. Dari jumlah sekolah, diambil 40 persen, sementara 60 persen lain diambil dari hasil ujian nasional,” tandasnya.

Untuk Tangsel sendiri, lanjut Yahya, nilai rata-rata sekolah dasar adalah delapan. Menurutnya, hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai sembilan untuk ujian Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement