Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

UNY akan Kembangkan Unit Kegiatan Mahasiswa Robotik

Rabu 15 Jun 2011 22:00 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Negeri Yogyakarta akan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Robotik untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada mahasiswa dalam menyalurkan kegemarannya di bidang robot .

"Dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotik, mahasiswa yang hobi dengan robot akan lebih bisa berkonsentrasi mendalami dan berprestasi," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Yogyakarta, Rabu.

Selain itu, menurut dia pada penyerahan penghargaan kepada Tim Al-Addiyat UNY yang berhasil meraih juara tiga Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) "Battle" tingkat nasional, para mahasiswa juga perlu mengunjungi perusahaan yang menggunakan robot untuk operasional.

"Hal itu bertujuan untuk memberikan inspirasi dan gagasan atau ide baru bagi mahasiswa untuk kreasi dan inovasi robot ke depan," katanya.

Penanggung jawab tim robot UNY Pramudi Utomo mengatakan prestasi menjadi juara tiga nasional itu adalah prestasi terbaik UNY selama berkiprah dalam kontes robot sejak 2004.

"Hal itu menjadi sebuah kebanggaan bagi universitas. Apalagi UNY merupakan satu-satunya universitas eks lembaga pendidikan tinggi keguruan (LPTK) yang berhasil meraih juara," katanya.

Menurut dia, Kontes Robot Nasional 2011 yang telah diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu (11/6) hingga Minggu (12/6) itu diikuti 101 tim dari 52 perguruan tinggi di Indonesia.

"Jumlah tim yang banyak yang merupakan juara 1-3 di tingkat regional membuktikan bahwa dari hari ke hari kontes robot nasional semakin ketat persaingannya," katanya.

Ketua Tim Robot UNY Herianto mengatakan, persiapan untuk mengikuti kontes robot nasional itu dilakukan selama enam bulan. "Hal yang paling sulit adalah waktu pemrograman robot dan proses pencitraan karena mengolah data kamera tidak mudah," katanya

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA