Kamis 10 Feb 2011 18:22 WIB

USU akan Terima 7.227 Mahasiswa Baru

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN--Universitas Sumatera Utara menerima sebanyak 7.227 calon mahasiswa baru tahun akademik 2011/2011 melalui jalur nasional, yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan melalui seleksi jalur lokal.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan, Kamis, mengatakan, daya tampung mahasiswa baru perguruan tinggi negeri itu pada program sarjana tahun akademik 2011/2012 sebanyak 7.227 orang, yakni 4.337 orang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 2.890 orang melalui seleksi lokal.

"Kuota yang diharapkan masuk di USU pada 2011 berjumlah 7.227 untuk 46 program studi, dimana masing-masing program studi jumlah kuotanya berbeda-beda," katanya di sela acara "Sosialisasi SNMPTN 2011 Jalur Undangan" di Auditorium USU.

Ia mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, SNMPTN tahun akademik 2011/2012 dilaksanakan melalui dua jalur yang berbeda, yaitu melalui jalur undangan yang proses seleksinya berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa.

Kedua, adalah melalui jalur ujian tertulis/keterampilan, sementara program Bidik Misi atau beasiswa bantuan biaya pendidikan bagi siswa miskin dan berprestasi akan terintegrasikan ke kedua jalur tersebut.

Khusus untuk jalur undangan, lanjutnya, pada SNMPTN 2011 ini peran dan keterlibatan para kepala sekolah sangat menentukan, karena mulai dari tahapan awal proses registrasi dalam mengikuti jalur undangan tersebut sepenuhnya dilakukan kepala sekolah yang juga pihak pemberi rekomendasi bagi para siswanya.

Program Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) yang tahun lalu dilaksankanan secara lokal dan manual pada masing-masing perguruan tinggi, sementara pada jalur undangan SNMPTN ini dilakukan secara online melalui jaringan internet yang seluruh proses rangkaiannya terintegrasi secara nasional.

"Tentunya sehubungan dengan pembaruan pada tata laksana atau tata cara dalam mengikuti SNMPTN 2011 ini dibutuhkan serangkaian kegiatan sosialisasi untuk mendapatkan berbagai masukan terkait pelaksanaan seleksi untuk masuk ke PTN melalui jalur ini. Inilah gunanya sosialisasi ini dilaksanakan," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Syaiful Syafri dalam kesempatan yang sama mengatakan, sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 1.200 kepala sekolah SMA sederajat se-Sumut.

Sosialisasi tersebut digelar mengingat sistem pendaftaran melalui jalur undangan tahun ini menggunakan sistem online. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para kepala sekolah dapat memahami secara rinci tata cara mendaftarkan siswanya melalui jalur undangan.

"Sosialisasi ini dibagai dalam dua tahap, untuk tahap pertama diikuti para kepala sekolah yang berada di wilayah terdekat dari Medan seperti Binjai, Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi. Sementara untuk yang jauh dari Medan mengikuti sosialisasi pada tahap kedua," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement