Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Nuh: Pembocor Soal SNMPTN Kena Sanksi Tegas

Selasa 31 May 2011 10:49 WIB

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Didi Purwadi

Mendiknas Muhammad Nuh

Mendiknas Muhammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Mendiknas, Muhammad Nuh, menegaskan akan memberi sanksi kepada siapapun yang membocorkan soal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Menurutnya, perilaku tersebut sangat tidak terpuji sehingga layak dihukum.

"Kalau pelakunya dosen, maka yang bersangkutan akan dikeluarkan. Begitu juga mahasiswa, tidak ada toleransi lagi, out," kata Nuh dalam keterangan persnya usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 82 Jakarta pada Selasa (31/5).

Rektor UI, Gumilar Rusliwa Soemantri, meminta masyarakat terutama warga kelas menengah bawah agar tidak takut memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "PTN sampai saat ini tetap memiliki keberpihakan terhadap para mahasiswa dari keluarga yang kurang beruntung," ujar Gumilar.

UI tahun ini menyediakan dana sebesar 16 miliar rupiah untuk para mahasiswa dari golongan tidak mampu. UI mengambil sebanyak 720 mahasiswa melalui jalur SNMPTN. Angka itu merupakan 60 persen dari 1.200 kursi yang disediakan pada tahun ini. Sisanya akan diambil dari Seleksi Masuk (Simak) UI.

Gumilar menyatakan bahwa pengalaman tahun sebelumnya sebanyak 10 persen dari yang diterima SNMPTN tidak mendaftar ulang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA