Kamis 05 May 2011 18:23 WIB

Ujian Nasional Munculkan Budaya tidak Jujur

Ujian Nasional
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Anggota Komisi X DPR RI bidang Pendidikan Puti Guntur Soekarno menyatakan, penyelenggaraan Ujian Nasional hanya mendatangkan masalah baru seperti perilaku dan budaya ketidakjujuran di berbagai wilayah pendidikan. "Karenanya amat disayangkan karena penyelenggaraan UN (Ujian Nasional) itu justru menambah daftar persoalan yang tidak substantif terkait upaya peningkatan mutu pendidikan," ujar cucu Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno itu di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, berdasar pantauan banyak anggota Dewan serta dari laporan berbagai pihak, UN justru mendatangkan masalah baru. "Yakni perilaku dan budaya ketidakjujuran yang menebar di mana-mana, seperti tampak dalam pelaksanaan UN tahun ini," katanya.

Ia lalu menunjuk kecurangan seperti mencontek yang banyak terjadi dan dalam beberapa kasus bahkan praktik ini sering dibantu oleh pihak pengawas ujian. "Budaya ketidakjujuran ini justru berbahaya bagi generasi ke depan," tegasnya.

Karenanya, ia menyarankan UN ditinjau ulang. "Sebab, hakikatnya pendidikan untuk mebangun karakter manusia yang unggul yang beradab dan maju," ujar Puti Guntur Soekarno.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement