Senin 18 Apr 2011 15:24 WIB
Ujian Nasional

Kunci Jawaban UN Disebar Lewat HP

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Johar Arif
Siswa mengikuti ujian nasional 2011 di SMA Negeri 70, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/4).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Siswa mengikuti ujian nasional 2011 di SMA Negeri 70, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Kunci jawaban ujian nasional (UN) bereda di kalangan pelajar SMA/SMK/MA di Kota Sukabumi. Bahkan, peredaran kunci jawaban melalui pesan pendek/SMS handphone (HP) tersebut sudah berlangsung sejak Ahad (17/4) malam.

‘’Kunci jawaban diteruskan dari satu siswa ke yang lainnya,’’ujar salah seorang pelajar SMK di Kota Sukabumi yang tidak mau disebutkan namanya. Menurutnya, kunci jawaban yang di SMS tersebut sebagian besar sama dengan jawaban yang dipilihnya.

Ditambahkan dia, teman-teman yang lain pun mendapatkan kunci jawaban serupa. Mereka menerima kunci jawaban lengkap yaitu lima paket soal yang berbeda.

Lebih lanjut dia menuturkan, para siwa menerima SMS sejak malam hingga pagi hari. Isi SMS menyebutkan kunci jawaban UN dan meminta siswa berhati-hati ketika mengerjakan soal.

Diakuinya, selama mengerjakan soal UN, siswa dilarang membawa alat komunikasi seperti HP. Namun dalam prakteknya, sejumlah siswa menyiasatinya dengan membawa HP di balik pakaian dalam.

Sementara pelajar lainnya yang menerima kunci jawaban UN, ada yang sudah menghapal isi SMS itu. Sehingga tidak perlu membawa HP ke dalam ruangan ujian.

Di tempat terpisah Ketua Pengawas UN Kota Sukabumi, Sakti Alamsyah membantah kemungkinan bocornya soal UN yang menyebabkan beredarnya kunci jawaban.’’Kemungkinan ada kebocoran soal sangat kecil,’’terang dia.

Menurut Sakti, pihaknya belum menerima laporan adanya kunci jawaban soal UN. Ia menduga beredarnya kunci jawaban soal UN hanya sekedar isu belaka dan jangan dihiraukan oleh para siswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement