Senin 16 May 2011 13:01 WIB

SMA Semarang Sepakat Umumkan Kelulusan Sore Hari

Ujian Nasional
Foto: ISTOCK PHOTO
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kota Semarang sepakat mengumumkan kelulusan siswa pada sore hari, minimal pukul 15.00 WIB untuk mengantisipasi euforia perayaan kelulusan.

Ketua Panitia Penyelenggara Ujian Nasional (UN) Kota Semarang, Sudjono, di Semarang, Senin, mengatakan hasil kelulusan siswa akan diumumkan secara serentak pada 16 Mei 2011, mulai pukul 15.00 WIB.

"Seluruh sekolah sudah sepakat mengumumkannya mulai pukul itu (15.00 WIB, red.). Harapannya, cara-cara negatif dalam merayakan kelulusan, seperti konvoi keliling kota dan corat-coret seragam bisa dikurangi," katanya.

Kalau diumumkan sore hari, kata dia, setidaknya siswa yang ingin datang dan berkumpul sekolah bisa berkurang, karena sebentar lagi sudah malam, termasuk keinginan meluapkan kegembiraan dengan euforia.

"Namun, kami tidak membatasi cara sekolah dalam mengumumkan kelulusan, apakah memanggil orang tua siswa, mengirim via jasa pos. Yang jelas, sebaiknya jangan mengumumkan langsung ke siswa," katanya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Semarang, Bambang Nianto Mulyo, membenarkan kesepakatan pengumuman kelulusan siswa dilakukan mulai pukul 15.00 WIB, baik sekolah negeri maupun swasta.

"Kami berharap bisa mengurangi cara siswa dalam merayakan kelulusan secara negatif, seperti corat-coret seragam dan konvoi bermotor keliling kota bisa dicegah, setidaknya bisa dikurangi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement