Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

CCTV Juga Ikut Amankan Percetakan Soal UN

Ahad 17 Apr 2011 14:10 WIB

Rep: C13/ Red: Djibril Muhammad

Ujian Nasional

Ujian Nasional

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) dari PT Balai Pustaka, selaku pemenang tender, ke 27 rayon tidak menemui kendala berarti. Manajer Produksi Balai Pustaka, Andi Rivai, menyatakan pengiriman dilakukan dengan penjagaan ketat dari Polda Metro Jaya dan Satpol PP DKI Jakarta. "Hari ini soal sudah didistribusikan ke masing-masing rayon," kata Andi, Ahad (17/4).

PT Balai Pusta terletak di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Selama proses pencetakan, ruang penyimpanan naskah steril dari orang luar maupun dalam. Ditambah pengawasan dari kamera pengintai (CCTV) membuat keamanan soal terjamin. "Selama di percetakan, soal terjamin keamanannya," terang Andi.

Andi menyatakan, selain soal UN untuk tingkat SMA, SMK dan MA yang rampung, pihaknya juga telah menyelesaikan pencetakan soal UN tingkat SMP, SMP Luar Biasa dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan masuk tahap pengepakan. Khusus soal UN tingkat SD, kata Andi, masih dalam proses naik cetak.

Pelaksanaan UN tingkat SMA dimulai tanggal 18 sampai 21 April mendatang, SMK pada 18 sampai 20 April. Adapun soal ujian, menyangkut mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan matematika. Sebanyak 122.139 siswa di DKI Jakarta akan mengikuti UN tingkat SMA. Terdiri SMA sebanyak 53.937 siswa, MA 4.679 siswa, SMK 63.382 siswa, dan SMA luar biasa (SMALB) sebanyak 141 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Hadi Mulyanto, memastikan tidak akan ada kebocoran soal. Pasalnya, soal UN itu diambil ke rayon-rayon sekitar pukul 05.00 dan tiba di masing-masing sekolah pukul 06.00 WIB. "Cara ini dilakukan untuk mencegah kebocoran soal," kata taufik.

Guna melihat kesiapan siswa dan kelancaran distribusi soal, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Senin (18/4) akan mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga SMA di DKI Jakarta. Rinciannya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 13, Jalan Syukur Lenteng Agung, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 62 Jalan Camat Gabun Jagakarsa, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) 109 Jalan Gardu, Srengseng Sawah.

"Tiga sekolah itu pasti dikunjungi Gubernur untuk meninjau kelancaran pelaksanaan UN," kata Kasie Publikasi Humas Pemprov DKI Jakarta," ujar Ied Sabilla.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA