Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Pertukaran Budaya, Taiwan Bawa Film On Happiness Road

Kamis 06 Sep 2018 15:33 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

film animasi Taiwan, On Happiness Road

film animasi Taiwan, On Happiness Road

Foto: youtube.com
film animasi tersebut meraih Golden Horse Award dan Tokyo Anime Festival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Taipei Economic and Trade Office (TETO) memutar film animasi Taiwan berjudul On Happiness Road. Pemutaran film yang tayang pada rabu (5/9) di Plaza Semanggi Cinemaxx Theater ini guna memperkenalkan film Taiwan yang penuh dengan keindahan kreatif dan pesona humanis kepada sahabat Indonesia.

Film On Happiness Road berkisah tentang suka duka kehidupan seorang gadis kecil Taiwan, melalui animasi lukisan tangan yang unik. Film yang mendapat beberapa penghargaan di Taipei ini mengenang kembali sejarah Taiwan, masyarakat berbudaya di Taiwan, dan mendokumentasikan kenangan yang pernah dilalui bersama oleh masyarakat Taiwan.

Representative TETO John Chen dalam sambutannya di acara resepsi yang dihadiri 210 orang mengatakan, pemerintah Taiwan demi mendorong Kebijakan Baru ke Arah Selatan mengutamakan pertukaran kerjasama antar masyarakat, budaya, pendidikan dan pariwisata untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap Taiwan. 

"Film ini sebagai jembatan penting untuk memperkenalkan budaya masing-masing. Oleh sebab itu, TETO dan Kementerian Kebudayaan Taiwan selama dua tahun berturut-turut bekerja sama dengan Bali Internasional Film Festival atau Balinale," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (6/9).

Akhir September tahun ini, ada dua film Taiwan yang akan ditayangkan di Balinale, Bali yaitu film On Happiness Road  dan GATAO 2-The New Leader Rising.

Di antara kedua film ini, film animasi On Happiness Road yang disutradarai oleh Hsin Yin Sung ditayangkan di acara malam resepsi dan pemutaran film Taiwan untuk diperkenalkan ke masyarakat di Semanggi Jakarta.

Film On Happiness Road yang dirilis di Taiwan pada bulan Januari tahun ini, memberikan kejutan bagi industri animasi film Taiwan baik di dalam dan di luar negeri. 

Naskah film nasional yang mendapat dukungan subsidi ini memakan waktu empat tahun untuk selesai produksi. Film ini pun meraih Golden Horse Award dan memenangkan Grand Prize di Tokyo Anime Festival sebagai film animasi terbaik, Best Animated Feature Film Award di Stuttgart Animation Festival, film animasi terbaik di 2018 Taipei Film Award, dan film animasi terbaik di Seoul Internasional Film Animasi Festival.

Film animasi Taiwan terbaik ini, membawa penonton ikut larut dalam tawa dan haru. Kerja sama antara TETO dan Balinale dengan anggaran yang cukup terbatas ini, ternyata dapat membuat lebih dari 200 tamu undangan melalui malam yang sangat berkesan dan menyenangkan. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA